SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Sektor Automotif Didorong Pacu Ekspor

  • Reporter:
  • Sabtu, 21 April 2018 | 14:41
  • Dibaca : 147 kali
Sektor Automotif Didorong Pacu Ekspor

JAKARTA – Industri automotif nasional terus didorong untuk meningkatkan ekspor ke mancanegara. Guna mendukung upaya tersebut pemerintah menyiapkan infrastruktur hingga penyederhanaan regulasi demi menarik investasi.

Di antara kemudahan yang akan di – berikan kepada investor adalah pe nye – derhanaanaturanmengenaiujikelayakan danujiemisi. Keduahalter sebutdinilaipen – ting untuk men dukung industri sehingga harus diper cepat implementasinya. Adapun di sektor infra – struk tur yang sedang disiap – kan adalah pembangunan Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat. Dengan demikian diharapkan investasi sektor industri automotif di Tanah Air terus tumbuh. “Pelabuhan Patimban ini akan kita percepat dalam rangka ekspor auto – motif. Infrastruktur ini juga dapat me – ningkatkan efisiensi biaya-biaya se – hingga bisa bersaing dan berkompetisi dengan negara-negara lain,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau Indonesia International Motor Show(IIMS) 2018 diJIExpo, Kemayoran, Jakarta, kemarin.

Pelabuhan Patimban dikem bang – kan sebagai suatu pelabuhan dengan kapasitas lebih dari 7 juta TEUs dilengkapi lapangan peti kemas di dalamnya seluas 35 ha. Pelabuhan itu akan dioperasikan oleh operator gabungan antara Indonesia dan Jepang dengan saham mayoritas Indonesia sehingga nanti Indonesia dapat menentukan jalannya operasi dari perusahaan. Adapun target penye – le saian pembangunan pelabuhan se – bagi an pada 2019 dan 2020. Selain peningkatan ekspor ken dara – an, ekspor komponen automotif akan membuka kesempatan lapangan kerja yang lebih besar bagi masyarakat.

Salah satu yang berpotensi untuk diting kat – kan adalah ekspor industri automotif seperti komponen kendaraan maupun hasil industri kreatif, yaitu motor modifikasi. Jokowi juga mengingatkan pen – ting nya tren revolusi industri 4.0 yang me manfaatkan teknologi otomatisasi dan digital. Penggunaan teknologi di – gital yang mempermudah transportasi bagi masyarakat juga akan mening – katkan produksi kendaraan di Tanah Air seiring kebutuhan kendaraan yang digunakan. “Ini akan membuka peluang, mem – buka potensi luar biasa, termasuk opti – misme terhadap tumbuhnya industri di tanah. Mulai dari industri automotif sampai dengan fashion. Yang kita per lu k – an adalah melek. Benar-benar meng – ikuti, benar-benar mencermati secara cepat, mendalami, dan memper siap kan. Kita harus cekatan, lincah, dan harus siap,” kata Presiden.

Pada kesempatan tersebut, Presiden juga menyinggung dukungan dan ko mitmen terhadap pengembangan mo – bil listrik yang menurutnya mencerminkan bahwa industri automotif nasional merespons perkembangan industri global. “Saya percaya bahwa de – ngan industri 4.0, per tum buh – an sektor automotif justru akan melonjak,” tegas Jokowi. Menteri Perindustrian Air – langga Hartarto mengatakan, pergelaran IIMS tahun ini di – harapkan dapat memberikan inspirasi kepada semua pihak, khususnya industri automotif dalam negeri untuk semakin berdaya saing. Saat ini, kata dia, industri automotif Indonesia tumbuh cukup pesat dengan kontribusi yang sangat signifikan pada perekonomian nasional.

“Hal ini dapat dilihat dari angka produksi kendaraan ber – motor roda empat yang meningkat dari 1,177 juta unit pada 2016 menjadi 1,216 juta unit pada 2017. Angka ter se but diperkuat dengan pening katan ekspor unit kendaraan utuh (CBU) sebanyak 231.000 unit dan komponen 81 juta pieces di 2017, meningkat dari 194.000 unit CBU dan hanya 6,2 juta pieces komponen di 2016,” jelasnya. Menurut Airlangga, sektor ini juga memberikan kesem – pat an kerja kepada lebih dari 1,5 juta orang. Tenaga kerja ter – sebut terdistribusi mulai dari industri perakitan, industri komponen lapis pertama, ke – dua dan ketiga sampai dengan tenaga kerja di tingkat bengkel resmi, sales, servis serta suku cadang.

Mengenai kinerja ekspor automotif, Presiden Jokowi memberikan apresiasi atas pe – ningkatan angka ekspor kom – ponen industri automotif nasional. Ekspor komponen terurai yang meningkat hingga 13 kali lipat bila dibandingkan dengan angka ekspor tahun lalu diharapkan berbanding lurus dengan peningkatan la pang an kerja di sektor automotif. “Kita melihat industri auto – motif di negara kita itu ber kem – bang begitu sangat cepat nya dan yang pertama saya se nang karena ekspornya me ningkat,” katanya. Saat ini, menurut Presiden, ekspor komponen yang dilaku – kan memang masih terbatas ke negara-negara terdekat. Namun mantan Wali Kota Surakarta ini meyakini bahwa dengan harga yang kompetitif, bukan tidak mungkin ekspor berikutnya dapat menembus ke luar ASEAN.

Diikuti 38 Merek Kendaraan

IIMS 2018 diikuti oleh 38 merek kendaraan dan lebih dari 350 perusahaan. Penye leng gara pameran menargetkan 525.000 pengunjung de ngan target tran – saksi men capai Rp3,3 triliun. Pada per helatan tahun lalu, pi – hak penyelenggara mengklaim pengunjung IIMS berhasil memecahkan rekor hingga men – capai 503.447 orang. Semen tara dari jumlah transaksi men capai Rp3,2 triliun dengan pen jualan sebanyak 11.604 unit mobil dan motor. Pameran IIMS 2018 juga di – manfaatkan sejumlah produ sen dan agen pemegang merek (APM) sebagai ajang untuk pa – mer produk terbarunya. Ajang yang digelar mulai kemarin hingga 29 April itu diikuti merek-merek mulai dari Audi, BMW, Chevrolet, Datsun, Honda, Hyun dai, Mazda, Mercedes- Benz, Mini, Mitsu bishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, Volks – wagen hingga Wuling.

Di antara mobil-mobil ter – baru yang akan diperkenakan adalah Mitsubishi Triton Athlete, Mitsubishi Pajero Sport, Toyota C-HR dan Vios terbaru, serta Suzuki Ertiga dengan tampilan paling anyar. Adapun Honda secara resmi merilis New Honda HR-V. Managing Officer and Division General Manager Automobile Asia Division Global Automobile Marketing Suzuki Shuji Oishi meng ung – kapkan, peluncuran All New Suzuki Ertiga menjadi langkah pertama sekaligus merayakan 60 tahun hubungan bilateral Jepang-Indonesia. “Saya sangat bahagia bisa meng hadir kan All New Suzuki Ertiga pada tahun ini di saat mobil-mobil dengan konsep keluarga sangat diminati di Indonesia ,” ungkap Oishi kemarin.

Dilihat dari eksteriornya, All New Suzuki Ertiga memang mengalami perubahan cukup signifikan. Misalnya pada bagi – an grille dengan kisi-kisi lebih rapat dengan balutan chrome, kemudian lampu utama yang turut direvisi jadi lebih pipih serta cangkang pada bagian fog lamps. Perubahan juga terjadi pada bagian samping dengan garis tegas yang memanjang dari depan hingga buritan. Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor Henry Tanoto menilai, perhelatan pa – meran automotif bisa memicu pertumbuhan automotif nasio – nal. “Tentu ini salah satu agenda yang patut didukung,” tegasnya. Pada acara tahunan ter – sebut, Toyota tidak mematok target penjualan selama pa – mer an yang digelar pada 19-29 April 2018 ini.

”Kami tidak mematok target penjualan karena ingin fokus pada pengenalan produkprod uk terbaru seperti All New C-HR, New Vios, New Yaris serta All New Rush,” ung kap – nya. TAM membawa 13 ken – dar aan, termasuk 4 produk terbaru yang diperkenalkan pada kuartal pertama 2018, yaitu All New C-HR, All New Rush, New Yaris, dan New Vios. Presiden Direktur PT TAM Yoshihiro Nakata menam bah – kan, kemajuan di berbagai bi – dang telah membuat ekspek tasi masyarakat terus berkembang, termasuk terhadap produk automotif. “Ini merupakan tan tangan bagi pelaku indus – tri, juga bagi Toyota sebagai produsen terbesar automotif dunia, untuk terus mene kan – kan semangat improvement,” ujarnya.

Sementara itu, BMW Group Indonesia menjadikan pang – gung IIMS 2018 untuk mene – gas kan posisinya sebagai pe – mim pin kendaraan inovatif, mewah, dan nyaman dalam berk endara. Sebanyak 16 kendara an dari brand BMW dan MINI ditampilkan dalam booth seluas 860 meter persegi. Pada pameran kali ini, BMW kembali kendaraan listrik de – ngan menghadirkan BMW i8. Kendaraan plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) ini pertama kali diperkenalkan pada ajang IIMS 2014. ’’BMW Group Indonesia mempersembahkan lini ken – daraan terbaik di BMW Group Pavilion pada gelaran IIMS 2018 kali ini,’’ kata Vice Pre sident Corporate Communications BMW Group Indonesia Jodie O’tania.

Tidak hanya mobil, pa mer an IIMS 2018 juga dira maikan keikutsertaan brand sepeda motor seperti BMW, Royal Enfield, Kawasaki dan Honda. Khusus Honda, produsen asal Jepang itu memperkenalkan Honda Gold Wing dan All New PCX. Sedangkan merek Royal Enfield memperkenalkan mo – del Himalayan yang popu lar di kalangan bikersIndia.

Anton c/dita angga/ sindonews

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com