SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Seluruh Puskesmas Punya Rawat Inap 2021

  • Reporter:
  • Kamis, 14 November 2019 | 12:01
  • Dibaca : 75 kali
Seluruh Puskesmas Punya Rawat Inap 2021
ilustrasi

BATAMKOTA – Dinas Kesehatan (Dinkes) menargetkan seluruh Puskesmas di Kota Batam memiliki fasilitas rawat inap mulai 2021. Hal tersebut sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Batam 2016-2021.

Fasilitas rawat inap tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan memudahkan masyarakat dalam berobat, serta juga mengurangi beban RSUD. “Jadi jika ada masyarakat yang sakit dan sakitnya itu tidak harus ditangani oleh dokter spesialis maka tidak perlu lagi ke rumah sakit, sebab sudah bisa ditangani oleh puskesmas terdekat,” kata Kepala Dinkes Kota Batam Didi Kusmarjadi di Batam Centre, Rabu (13/11).

Untuk mendukung langkah tersebut, lanjut Didi, Dinkes belum memiliki rencana untuk menambah Sumber Daya Manusia (SDM) di Puskesmas dan akan memberdayakan pegawai yang dimiliki di setiap Puskesmas.

“Penambahan PNS itu hanya bisa dilakukan oleh Pemko Batam melalui tes CPNS. Kami sudah buat analisa kebutuhan dan masih kekurangan SDM, rata-rata kebutuhan di masing-masing puskesmas 10 orang PNS. Untuk tes CPNS, kami hanya diberikan jatah 45 orang saja,” kata Didi.

Ia menambahkan rencana pembangunan Puskesmas di daerah Tambesi batal dibangun pada 2020, karena tidak lolos dalam tahap pengajuan. Tetapi pada 2020 rencananya akan revitalisasi dua Puskesmas, yaitu Puskesmas Tanjungsengkuang dan Puskesmas Baloi Permai.

“Puskesmas Baloi Permai bakal dipindahkan di belakang kantor lurah, sedangkan Puskesmas Tanjung Sengkuang akan renovasi yakni akan dibangun dua tingkat,” katanya.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Batam Ides Madri mendukung langkah yang dilakukan oleh Dinkes Kota Batam tersebut. Selain itu, pihaknya juga akan menyetujui anggaran untuk obat dalam APBD 2020 sebesar Rp9,9 miliar.

“Bahwa anggran untuk obat itu baru Rp5,5 miliar tapi kami bakal mengajukannya ke banggar Rp4,4 miliar lagi, yang mana bakal dibuat dalam berita acara dan ditandatangani oleh Dinkes dan Komisi IV DPRD Batam,” kata Ides. iwan sahputra

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com