SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Seminar Adat HMSI, Lestarikan Budaya Simalungun

  • Reporter:
  • Rabu, 29 November 2017 | 12:42
  • Dibaca : 301 kali
Seminar Adat HMSI, Lestarikan Budaya Simalungun

SINDOBATAM – Demi mempertahankan dan melestarikan budaya Simalungun, Himpunan Masyarakat Simalungun Indonesia (HMSI) Kepri akan menggelar seminar Adat Budaya dan malam Marsombuh Sihol di Harmoni One Hotel Batam Centre, Kamis (30/11/2017).

Kegiatan ini diisi tokoh masyarakat Simalungun, dimana mereka akan memperkenalkan leluhur dan budaya Simalungun. Selain itu, sejumlah hiburan dari artis Simalungun juga akan memeriahkan acara tersebut, diantaranya Jhon Elyaman Saragih, Triadil Saragih, Rando Sembiring, Yovel Purba dan Sumani Purba.

Ketua Umum DPD HMSI Kepri Sahmadin Sinaga menuturkan, kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan rasa kepedulian dan tanggung jawab masyarakat Simalungun untuk mempelajari, menjaga dan melestarikan budaya Simalungun dalam melaksanakan adat istiadat kehidupan sehari hari.

“Di Kepri belum sangat dikenal, kita harus membudayakan adat ini, jangan sampai hilang begitu saja. Kegiatan ini juga akan kami gelar Tahunan, agar budaya ini tetap ada, ” kata Sahmadin, Rabu (29/11/2017)

Sahmadin mengatakan, selain seminar adat juga akan dilaksanakan malam Marsombuh Sihol. Malam itu merupakan kegiatan orang orang Simalungun yang mengadakan pesta dimana yang diartikan dalam bahasa Indonesia adalah melepas rindu.

“Nanti akan diisi dengan bernyanyi oleh artis Simalungun, tarian dengan pakaian adat juga akan dipersembahkan. Masyarakat Simalungun harus memahami adatnya sendiri,” katanya.

Hal serupa juga disampaikan Berton Purba Ketua Panitia. Ia mengatakan, acara tersebut juga akan diisi dengan memperkenalkan alat-alat musik Simalungun. Dimana nanti artis penyanyi juga akan memeriahkan kegiatan tersebut.

“Kami mengajak kepada seluruh masyarakat Simalungun yang berada di perantauan Provinsi Kepri untuk hadir didalam acara tersebut untuk bersama sama melestarikan budaya Simalungun,” katanya.

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai momentum serta wadah untuk bersilahturahmi sesama masyarakat Simalungun yang akan diisi dengan hiburan. “Mari sama-sama kita lestarikan budaya Simalungun di tanah rantau,” katanya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com