SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Setahun Dewan Hanya Sahkan 5 Perda

  • Reporter:
  • Senin, 1 Januari 2018 | 12:27
  • Dibaca : 117 kali
Setahun Dewan Hanya Sahkan 5 Perda
ilustrasi

BATAM KOTA – DPRD Kota Batam hanya mengesahkan 5 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) menjadi Peraturan Daerah (Perda) sepanjang tahun 2017. Adapun kelima peraturan itu terdiri dari tiga Perda wajib yaitu pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kota Batam tahun 2016, perubahan APBD Kota Batam tahun 2017 dan APBD Kota Batam tahun anggaran 2018 dan Perda Pembinaan dan Pengawasan Produk Halal dan Higienis serta Perda Pendidikan Anak Usia Dini Holistik dan Integratif yang merupakan inisiatif DPRD Kota Batam.

Wakil Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapperda) DPRD Kota Batam, Tumbur M Sihaloho mengatakan, pihaknya masih melakukan pembahasan untuk Ranperda Pelestarian Seni Adat Budaya Melayu dan Pengelolaan Barang Milik Daerah.

“Namun kemampuan dana dan waktu hanya sanggup untuk tujuh Pansus, maka dari itu Perda yang belum disahkan akan menjadi luncuran Prolegda tahun 2018,” ujarnya kepada KORAN SINDO BATAM, Minggu (31/12/2017).

Adapun beberapa Ranperda yang belum dibahas yakni Bea Gerbang dan Jasa Pengelolaan Sampah, Pemakaman dan Pengaturan Komponen Pembiayaan Sekolah Swasta dan Sistem Pelatihan dan Peningkatan Produktivitas Kerja. “Tahun 2018 nanti akan kami usahakan agar seluruhnya dapat disahkan menjadi peraturan,” kata politisi PDIP ini.

Dia menambahkan, pihaknya telah menerima 24 Ranperda di tahun 2018. Di antaranya, Ranperda Bea Gerbang atas Jasa Pengelolaan Sampah, Penataan dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima, Pembangunan Infrastruktur Berbasis Pemberdayaan Masyarakat, Pertanggungjawaban Pelaksana APBD Batam Tahun 2017 dan Pengaturan Komponen Pembiayaan Sekolah Swasta.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com