SINDOBatam

Terbaru Metro+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Shiha Meriahkan Puncak Hari Jadi Kota Batam

  • Reporter:
  • Kamis, 6 Desember 2018 | 15:11
  • Dibaca : 78 kali
Shiha Meriahkan Puncak Hari Jadi Kota Batam
Pawai budaya Melayu dan budaya nusantara HUT ke-188 Kota Batam tahun 2018 lalu. Tahun ini, Pemko kembali menggelar Pawai budaya Melayu dan budaya nusantara pada Selasa (18/12). f agung dedi lazuardi

BATAM KOTA – Artis jebolan D’Academy Asia, Shiha akan menghibur masyarakat Batam dalam puncak perayaan Hari Jadi Kota Batam ke-189, Selasa (18/12) di Dataran Engku Putri. Penyanyi asal Malaysia bernama lengkap Nurshiha M Zikir ini akan tampil bersama Isye, peserta Kontes Dangdut Indonesia (KDI) asal Batam.

“Shiha dan Isye akan tampil dua kali, pagi dan sore. Pagi saat Anugerah Batam Madani, sore sewaktu atraksi kebudayaan dari paguyuban,” kata Panitia HJB 189, Rudi Panjaitan, Rabu (5/12).

Rangkaian HUT ke-189 Kota Batam di hari H ini dimulai dengan upacara. Sekitar 10 ribu warga akan menjadi peserta. Berasal dari paguyuban, hulubalang, Lembaga Adat Melayu (LAM), keluarga zuriat Nong Isa, pelajar, Pramuka, TNI, Polri, asosiasi pengusaha, dan sanggar seni se-Kota Batam.

“Peserta dari paguyuban akan mengenakan pakaian adat daerah masing-masing,” tuturnya.

Usai upacara dilanjutkan dengan Anugerah Batam Madani di Dataran Engku Putri. Anugerah ini diberikan kepada 30 orang dan badan yang dinilai telah berkontribusi bagi pembangunan Kota Batam. Acara selanjutnya yakni sidang paripurna istimewa di DPRD Kota Batam. Dan dilanjutkan dengan istirahat.

Setelah salat Zuhur, rangkaian acara dilanjutkan dengan Semarak Batam Madani. Bentuknya yakni pawai budaya Melayu dan pawai budaya nusantara. Rutenya dari Bundaran Tuah Madani sampai ke Dataran Engku Putri.

Peserta pawai 60 paguyuban daerah se-Kota Batam, Gabungan Organisasi Wanita (GOW), Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), pelajar, dan hulubalang. “Tiba di Engku Putri, dilanjutkan dengan atraksi budaya oleh paguyuban. Sampai sebelum Magrib,” jelas Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setdako Batam ini.

Pada Jumat (14/12), terlebih dulu dilaksanakan ziarah ke makam zuriah Nong Isa. Di wilayah sekitar pemakaman di Nongsa ini, juga diadakan bazar usaha mikro kecil menengah (UMKM).

“Bazar diadakan mulai 13 Desember sampai 16 Desember. Juga akan ada atraksi kebudayaan dan permainan rakyat selama bazar berlangsung,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata.

Rangkaian Hari Jadi Kota Batam ke-189 lainnya adalah peresmian Kebun Raya Batam di Nongsa. Acara ini dijadwalkan pada 22 Desember. Dan seluruh rangkaian perayaan ditutup dengan Kenduri Akhir Tahun di Dataran Engku Putri. ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com