SINDOBatam

Terbaru Metro+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Sindikat Narkoba Rusak Alat Navigasi

  • Reporter:
  • Jumat, 23 Februari 2018 | 13:41
  • Dibaca : 3770 kali
Sindikat Narkoba Rusak Alat Navigasi
Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Widjanardi.

NONGSA – Empat tersangka penyelundup sabu 1,622 ton yang diamankan dari KM Min Lian Yu 61870 ternyata merusak mesin dan peralatan navigasi saat kapal tersebut diintai oleh tim gabungan Polri dan Bea Cukai.

Keempat tersangka berupaya menghilangkan jejak mereka dengan merusak sejumlah peralatan kapal, termasuk peralatan navigasi. “Peralatan yang dirusak termasuk dapat mendeteksi rute-rute yang dilalui selama 40 hari kapal itu berlayar,” kata nakhoda kapal patroli Bea Cukai 2007, Farid di Mapolda Kepri, Kamis (22/2/2018).

Namun tim gabungan Polri dan Bea Cukai yang melakukan pengintaian dan pengejaran, berhasil menemukan keberadaan KM Min Lian Yu 61870 dengan mengerahkan empat unit kapal patroli dan helikopter saat kapal berada di perairan Anambas.

Diketahui kapal berlayar dari Pelabuhan Wu Zhung, China. Modusnya, kapal ini berlayar untuk mencari kepiting. Namun isi di dalamnya adalah narkoba jenis sabu yang dibungkus ke dalam karung bewarna hijau berjumlah 81 karung dengan berat kotor 1,622 kilogram sabu.

Seperti diketahui, sabu 1,662 ton yang diamankan dari KM Min Lian Yu 61870 ternyata hendak dibawa ke Jakarta. Dokumen kapal palsu dan dari empat tersangka, hanya satu yang memiliki paspor.

Pihak Bea Cukai Tipe A Batam menyerahkan empat orang tersangka beserta barang bukti seberat 1,662 ton ke Bareskrim Mabes Polri di Mapolda Kepri, Rabu (21/2/2018). Penyerahan dilakukan langsung oleh Kepala KPU Bea Cukai Tipe A Batam Susila Brata kepada Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Pol Eko Daniyanto disaksikan Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Widjanardi. “Tersangka dan barang bukti dititipkan sementara di Polda Kepri,” kata Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Widjanardi.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com