SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Sindikat Sabu Diputus 15 Tahun Penjara

  • Reporter:
  • Jumat, 4 Mei 2018 | 14:21
  • Dibaca : 110 kali
Sindikat Sabu Diputus 15 Tahun Penjara
ilustrasi

BATAM KOTA – Mansur dijatuhi hukuman 15 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Batam, Kamis (3/5/2018). Ia dinyatakan bersalah karena kepemilikan sabu seberat 447 gram.

“Menjatuhkan hukuman pidana penjara kepada terdakwa selama 15 tahun dikurangi sepenuhnya dengan masa penahanan yang telah dijalani,” kata hakim Muhammad Chandra.

Majelis hakim juga menjatuhkan hukuman denda sebesar Rp1 miliar terhadap terdakwa. Dalam amar putusan tersebut juga ditentukan, bila terdakwa tidak membayar denda tersebut, maka diganti dengan hukuman pidana penjara selama 6 bulan.

Hukuman yang dijatuhkan kepada terdakwa lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Susanto Martua. Pada persidangan sebelumnya, Susanto menuntut terdakwa dengan hukuman penjara selama 16 tahun ditambah denda sebesar Rp1 miliar dengan subsider 1 tahun kurungan badan.

Mansur dijatuhi hukuman tersebut setelah terbukti menjadi sindikat peredaran sabu dengan barang bukti hampir setengah kilogram. Penangkapan terhadap terdakwa bermula ketika Mansur yang tengah berada di rumahnya di Bengkong Asrama Penataan mendapat telepon dari Jedi (DPO) yang memesan sabu.

Karena tidak memiliki persediaan, Mansur menghubungi Iwan Ariansyah untuk memesan sabu sebanyak 500 gram. Iwan yang menjadi perantara menghubungi Abdul Kadir untuk menyediakan barang pesanan terdakwa. Hingga akhirnya, ketiganya menyepakati harga Rp300 juta.

Hingga akhirnya, ketiganya bertemu di rumah Iwan dan dilakukan penimbangan terhadap sabu tersebut. Dari hasil penimbangan diketahui sabu tersebut memiliki berat 447 gram dengan harga Rp270 jjuta. Pada saat transaksi berlangsung, terdakwa langsung diamankan pihak kepolisian.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com