SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Singapura Protes Laser dari Udara Batam

  • Reporter:
  • Selasa, 18 Juli 2017 | 12:22
  • Dibaca : 577 kali
Singapura Protes Laser dari Udara Batam
ilustrasi

NONGSA – Otoritas penerbangan Singapura melayangkan protes terhadap ancaman serangan laser yang terjadi di wilayah udara Batam. Protes disampaikan karena berpotensi membahayakan penerbangan pesawat udara.

Dari awal tahun 2017, otoritas penerbangan Singapura melaporkan sebanyak 8 laser attack yang berasal dari Batam, di mana keluhan disampaikan pilot Silk Air saat melakukan penerbangan dari dan menuju Singapura.

Plh Direktur Hang Nadim, Dendi Gustinandar mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan surat protes tersebut yang disampaikan oleh pihak air traffic control (ATC) terkait keluhan para pilot. Pihaknya juga langsung menindaklanjuti laporan tersebut ke ATC Hang Nadim dan juga Otoritas Bandar Udara Wilayah II Medan serta langsung diteruskan ke pusat.

“Memang kami menemukan sejumlah titik penjualan laser yang diarahkan ke udara, tapi sejauh ini kami hanya mengimbau karena tidak ada wewenang untuk menindak,” ujarnya di Gedung Marketing BP Batam, Senin (17/7).

Karena itu, pihaknya meminta kepada para pedagang laser di pinggir jalan agar tidak menghidupkan lasernya mengarah langsung ke udara karena jaraknya bisa mencapai 20 kilometer sehingga dapat membuat kebutaan sesaat bagi pilot jika menembus ke pesawat . Masalah ini juga sangat berbahaya bila aktivitas laser ini terus dibiarkan.

Selengkapnya baca KORAN SINDO BATAM

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com