SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Siswa Dilarang Konvoi Rayakan Kelulusan

  • Reporter:
  • Selasa, 2 Mei 2017 | 11:29
  • Dibaca : 1011 kali
Siswa Dilarang Konvoi Rayakan Kelulusan
Ilustrasi Foto Agung Dedi Lazuardi.

BATAM KOTA – Anggota Komisi IV DPRD Kota Batam Safari Ramadhan meminta aparat kepolisian menindak tegas siswa yang menggelar konvoi saat perayaan kelulusan. Tindakan tegas dapat dilakukan dengan memberikan tilang kepada pelajar yang kedapatan konvoi di jalan raya. “Kepolisian harus mengambil sikap atau tindakan,” ujarnya di Batam Centre, Senin (1/5).

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam akan mengumumkan hasil Ujian Nasional (UN) tingkat SMA dan sederajat, Selasa (2/5). Pengumuman kelulusan diberikan melalui amplop kepada masing-masing siswa. Saat pengumuman UN nanti, Disdik juga melarang siswa menggelar konvoi atau corat-coret baju seragam merayakan kelulusan.

Menurut Politisi Partai Amanat Nasioan (PAN) ini, tidak tegas yang diberikan bukan seperti hukuman, akan tetapi sesegera mungkin dipecah ketika ada gerombolan anak-anak coretan-coretan yang lulus kemudian konvoi. Kepolisian harus mengantisipasi jangan sampai siswa berkumpul menjadi satu yang mengakibatkan nanti bisa kebut-kebutan dan kecelakaan lalu lintas.

Dia juga meminta kepada siswa yang merayakan kelulusan agar tidak melakukan aksi corat-coret seragam. Seragam yang sudah tidak digunakan lagi dapat disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan. Karenanya kepada pihak terkait, khususnya sekolah untuk membuat kegiatan-kegiatan yang lebih positif. “Selepas itu siswa langsung pulang ke rumah masing-masing, sehingga tidak ada kesempatan untuk melakukan aksi corat- coret seragam atau konvoi,” kata Safari.

Kegiatan berkumpul dan konvoi dapat memacu siswa melanggar peraturan lalu lintas, misalnya tidak mengenakan helm atau melakukan aksi kebut-kebutan dan balapan liar, sehingga berpotensi mengakibatkan kecelakaan lalu lintas. “Pasti polisi akan mengambil tindakan seperti dii tahun-tahun sebelumnya.” ujarnya.

Kepala Disdik Batam Muslim Bidin mengatakan, selalu mewanti-wanti kepada sekolah dan para siswa untuk tidak menggelar konvoi saat perayaan kelulusan UN.
Bahkan setiap menghapi kelulusan UN untuk menjaga keamanan, pihaknya selalu berkoordinasi dengan kepolisian agar bisa membantu dan membubarkan aksi konvoi kelulusan apabila nantinya harus terjadi. “Intinya perlu keterlibatan semua pihak, termasuk masyarakat dan para orangtua siswa,” katanya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com