SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

SKD CPNS Pemko Batam Dimulai 27 Januari

  • Reporter:
  • Jumat, 17 Januari 2020 | 11:12
  • Dibaca : 225 kali
SKD CPNS Pemko Batam Dimulai 27 Januari
Peserta CPNS Kota Batam tahun 2018 mengikuti tes SKD menggunakan sistem CAT di Kantor Bersama Pemko Batam, Batam Centre. f dok sindo batam

BATAMKOTA – Seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Batam tahun 2019 memasuki tahap Ujian Seleksi Kompetensi Dasar ( SKD ). SKD akan dimulai 27 Januari hingga 11 Februari mendatang.

Tes akan digelar di UPT Kanreg XII Badan Kepegawaian Negara (BKN) di lantai V Kantor Bersama Pemko Batam, Jalan Raja Isa Batam Centre. “Jadwal sudah diumumkan Rabu (15/1) di situs bkpsdm.batam.go.id,” kata Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin di Batam Centre, Kamis (16/1).

Sama seperti beberapa tahun terakhir, SKD seleksi CPNS ini akan menggunakan sistem computer assisted test (CAT). Tes dengan komputer ini akan dibagi menjadi lima sesi setiap harinya.

Sesi 1 dimulai pukul 08.00, sesi 2 mulai pukul 10.00, sesi 3 mulai pukul 12.00, sesi 4 mulai pukul 14.00, dan sesi 5 mulai pukul 16.00 WIB. Hanya pada hari Jumat yang tidak ada sesi 3.

“Sabtu dan Minggu tetap ada jadwal ujian. Jadi tolong bagi para peserta untuk memperhatikan hari dan jamnya dengan baik. Jangan sampai salah,” katanya.

Bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, diharap untuk membaca aturan mengenai SKD ini dengan seksama. Peserta wajib hadir 60 menit sebelum tes berlangsung. Selanjutnya mengisi daftar hadir yang disiapkan panitia.

“Peserta yang terlambat pada saat dimulainya tes, tidak diperkenankan masuk dan dianggap gugur. Maka perhatikan betul jadwalnya,” katanya.

Berkas yang harus dibawa antara lain KTP asli, kartu pendaftaran SSCN tahun 2019, dan kartu tanda peserta ujian CPNS tahun 2019.

Pakaian bagi peserta laki-laki yaitu kemeja putih polos dan celana kain warna hitam. Sedangkan peserta perempuan mengenakan kemeja putih polos dengan rok hitam panjang. Bagi peserta berjilbab, gunakan jilbab warna hitam. Sementara sepatu yang digunakan model pantofel, juga berwarna hitam.

Jefridin juga mengingatkan peserta untuk tidak percaya apabila ada pihak yang mengiming-imingi kelulusan CPNS dengan motif apapun. Kelulusan peserta adalah hasil usaha dan prestasi peserta sendiri.

“Seluruh tahapan tes ini tidak dipungut biaya. Jika ada yang mengiming-imingi kelulusan dengan minta sejumlah uang itu dipastikan penipuan,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 150 peserta CPNS mengikuti simulasi Computer Assisted Test (CAT) di Gedung Bersama, Rabu (8/1). Kegiatan tersebut dibagi dalam tiga sesi. Untuk sesi pertama tidak ada satupun peserta yang lulus.

“Sebelumnya kami sudah menginformasikan rencana simulasi ini. Mulai dari laman resmi maupun sosial media BKN Batam,” kata Kepala UPT BKN Batam, Delpa Nopri Kasmi.

Ia mengatakan, simulasi CAT dilakukan atas permintaan calon peserta ujian yang sebelumnya tidak mendapatkan kesempatan mengikuti simulasi pada gelaran yang dilakukan sebelumnya.

“Pada prosesnya, ada 150 kuota yang dibuka dalam sehari pelaksanaan simulasi ini. Sesi pertama simulasi pada pukul 08.00, semua peserta tidak ada yang lulus. Sementara untuk sesi kedua dan ketiga, dilakukan pada pukul 13.00 dan 15.00,” katanya.

Meskipun di sesi pertama tidak ada yang lulus, namun itu diakui bukan tujuan simulasi. Namun, simulasi itu dinilai, penting diikuti pendaftar, terutama yang statusnya fresh graduate. “Sehingga ada pengalaman calon peserta ujian, sebelum mengikuti tes yang sesungguhnya,” katanya.

Delpa menjelaskan simulasi itu untuk mendorong kesiapan dan disiplin peserta. Simulasi awalnya hanya direncanakan satu sesi. Namun, karena masih ada yang belum mendapatkan jatah mengikuti simulasi. Hal ini disebabkan karena pada gelaran pertama, hanya sekitar 75 persen saja yang hadir.

“Harusnya mereka yang tidak ingin ikut simulasi tidak perlu mendaftar, tapi mereka ikut. Dari kuota 800, hanya datang 500 lebih. Padahal banyak yang mau ikut simulasi,” katanya. iwan sahputra/ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com