LONDON–Media Inggris menyebut harga pasar penyerang Tottenham Hotspur Harry Kane berada di kisaran angka 200 juta poundsterling atau sekitar Rp3,7 triliun.

Acuannya adalah transfer Neymar Junior ke Paris Saint-Germain (PSG) dan Philippe Coutinho ke Barcelona. Neymar diboyong PSG dari Barcelona dengan nilai Rp3,4 triliun, sedangkan Coutinho mendarat ke Blaugrana setelah tim asal Spanyol tersebut memberikan mahar Rp2,58 triliun kepada Liverpool.

Nah, Kane dianggap memiliki nilai lebih dibandingkan dengan kedua pemain tersebut. Jika acuannya produktivitas, Kane adalah striker yang secara konsisten mencetak lebih dari 20 gol dalam tiga musim terakhir. Dia juga tiga musim berturut-turut men jadi top skor di Liga Primer.

Pencapaian yang bahkan tidak bisa dilakukan Cristiano Ronaldo, Gareth Bale, Wayne Rooney, Robert van Persie, atau Thierry Henry. Dengan usia yang baru 24 tahun, Kane sudah mencetak 100 gol dari 141 penampilan di Liga Primer. Dia hanya kalah dari top skor sepanjang masa Liga Primer Alan Shearer yang mencetak 100 gol hanya dari 124 pertandingan.

Meski kekuatan terbaiknya ada di kaki kanan, kaki kiri dan kepalanya tak kalah mematikan. Jika kaki kanan mencetak 60 gol, kaki kirinya tercatat 26 kali menjebol gawang lawan dan kepalanya 14 kali.

Mantan Pelatih Chelsea Carlo Ancelotti tak ragu menyebut Kane sebagai penyerang terbaik dunia sejajar dengan Lionel Messi, Luis Suarez, Ronaldo, Robert Lewandowski, Neymar, dan Edinson Cavani.

Sementara Rooney, mantan kapten timnas Inggris, menilai Kane adalah pemain yang paling diinginkan banyak klub di Eropa. “Sekarang, dia adalah penyerang terbaik di Eropa. Dia bagus dan bisa pergi ke mana saja. Kane seperti Shearer muda yang mencetak gol dengan banyak gaya,” kata Rooney, dikutip Skysports.

Tapi, semua produktivitas di atas lapangan akan terasa sia-sia jika tak memiliki gelar. Banyak pemain yang rela meninggalkan label loyalitas satu klub demi menda patkan gelar lebih banyak bersama klub lain. Gelar menjadi standar lain untuk disebut pemain besar. Dan, gelar adalah yang tidak bisa diberikan Tottenham kepada Kane.

Saat dia memberikan gol demi gol dengan semua kemampuan yang dimiliki, The Lilywhites tak kunjung mendapatkan gelar. “Ma sa lah nya, bersama Tottenham motivasinya ada lah mencetak gol. Tapi, lambat laun motivasi gol berubah menjadi gelar,” tutur Rooney.

Setidaknya sudah dua gelar dipastikan hilang dari genggaman Tottenham musim ini, Liga Primer dan Piala Liga. Tapi, The Lilywhites masih memiliki kesempatan di Piala FA. Setidaknya, mereka masih memiliki kesempatan memperpanjang napas pada laga replay putaran keempat di Stadion Wembley melawan Newport County, dini hari nanti, setelah pada leg pertama bermain imbang 1-1.

Melawan tim dari League Two tersebut, Tottenham nyaris menahan malu karena sempat tertinggal lewat gol Padraig Amond pada menit ke-38 sebelum Kane mencetak gol penyelamat delapan menit sebelum pertandingan bubar. Pelatih Tottenham Mauricio Po chet tino boleh saja marah kepada pemainnya karena gagal meraih kemenangan pada pertemuan pertama melawan Newport.

Tapi, dia pantas bangga kepada pemainnya karena selalu lolos dari lubang jarum dalam 10 menit terakhir. Demi menjaga kondisi pemainnya, Pochettino kemungkinan melakukan rotasi di beberapa posisi, termasuk memberikan kesempatan kepada pemain baru Lucas Moura dan Victor Wanyama.

Moura perlu di berikan kesempatan bagian dari adap tasi, sedang kan Wanyama berhak mendapat kan kompensasi karena mencetak gol ke gawang Tottenham. Namun, pelatih asal Argentina itu tak mem beri kepastian. “Moura datang dari PSG dan langsung bermain. Dia perlu menunjukkan lebih baik dari pemain kami. Ini adalah kompetisi yang adil,” kata Pochettino.

Sementara gelandang Newport County Ben Tozer optimistis timnya akan merepotkan Tottenham. “Ini akan menjadi pertandingan yang bagus untuk tim dan pendukung. Tidak peduli siapa yang mereka mainkan mengingat mereka memiliki pemain yang bagus,” kata Tozer.

ma’ruf

Berita Lainnya…
Conte Siaga Merah

>>

Audisi Tambah Kategori

>>

Ballardini Girang, Simone Meradang

>>

Efek Griffin

>>

Geliat Perusahaan China di Klub-klub Eropa

>>

Nadal Siap Jalani Musim Tanah Liat

>>

Persija-PSMS Kompak

>>

Seedorf Besut Super Depor

>>

Tak Akan Ada Lagi Gadis Seksi di Arena Balap

>>