SINDOBatam

Terbaru Metro+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Suguhkan Tarian Nusantara dari Sabang-Merauke

  • Reporter:
  • Senin, 19 Juni 2017 | 13:54
  • Dibaca : 794 kali
Suguhkan Tarian Nusantara dari Sabang-Merauke
HUT ke-20 Yayasan Buddhayana Batam. Foto Taguh Prihatna.

BATUAMPAR – Yayasan Buddhayana Batam merayakan ulang tahun ke-20 serta dirangkaikan dengan pelaksanaan Dharmasanti Waisak 2561 B.E. yang dihadiri oleh ribuan umat Buddha dan tamu undangan di Ballroom Hotel Pacific Palace, Sabtu (17/6).

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua Umum Yayasan Buddhayana Batam Fauzi Saputra, Penyelenggara Buddha Kementerian Agama Kota Batam Kodho Eko Prayogo, Ketua PMI Batam Sri Soedarsono, senator asal Kepri Haripinto Tanuwidjaja, anggota DPRD Kepri Asmin Patros, anggota DPRD Batam Hendra Asman serta undangan lain seperti Iwan Krisnawan dan Rudi Tan.

Tahun ini Yayasan Budhayana Batam mengangkat tema ‘Dengan perayaan 20 tahun Yayasan Buddhayana Batam, tingkatkan kebersamaan dalam pengabdian kepada Buddha Dharma”. Keseluruhan acara diisi oleh keluarga besar Yayasan Buddhayana Batam, baik dari siswa Sekolah Bodhi Dharma Batam, penampilan dari persaudaraan muda- mudi Vihara Buddhayana Batam (PMVBB), serta penampilan dari paduan suara Wanita Buddhis Vihara Buddhayana Batam.

Sejumlah tari nusantara dipersembahkan murid-murid Sekolah Bodhi Dharma yang cukup menghibur tamu undangan yang hadir. Dari ekskul tari SD Bodhi Dharma menampilkan Tari Kerincing, Tari Tradisional Lilin, Tari India, Tari Dhamma is Good, Tari Sajojo, dan Tari Kuai Zi Wu. Tak ketinggalan murid play group dan TK Bodhi Dharma menampilkan Tarian Tor-Tor Tiga Raya, Tari Kasih Buddha, dan Tari Ampar-Ampar Pisang.

Selanjutnya, dari SMP dan SMA Bodhi Dharma menampilkan tari persembahan sebagai pembuka acara, dilanjutkan dengan pembacaan syair Dhammapada dalam empat bahasa yaitu Bahasa pali, Indonesia, Inggris dan Mandarin, Tari Seribu Tangan Qian Shou Guan Yin sebagai representasi Dewi Kwan Im, Tari Gao Shan Qing, dan Tari Cai Wei. Tak ketinggalan paduan suara Yi Zhang Teng dan San Pau Ke yang dibawakan oleh Wanita Buddhis Vihara Buddhayana Batam.

Di penghujung acara, solo vokal Jesen “Fu Qin” dan Duo Vokal “Lilin penerangan” kembali menghibur tamu undangan. Dan ditutup oleh penampilan drama musikal yang dibawakan oleh murid SMA Bodhi Dharma yang memukau penonton serta pembagian doorprize berupa sepeda, TV LED, Handphone dan kulkas.

Penyelenggara Bimas Buddha Kementerian Agama Batam, Kodho Eko Prayogo mengatakan, pihaknya sangat bangga dengan penampilan yang disuguhkan oleh murid-murid Sekolah Bodhi Dharma, karena dapat menyuguhkan berbagai macam tarian nusantara dari Sabang sampai Merauke.

Dia menyampaikan agar Yayasan Buddhayana Batam di usianya yang ke-20 ini dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi kota Batam, terutama umat Buddha untuk bisa menjaga Batam selalu rukun, tenteram serta aman. “Kerukunan harganya mahal, jagalah Batam agar tetap rukun,” katanya.

Ketua Umum Yayasan Buddhayana Batam, Fauzi Saputra mengatakan, di usia yayasan yang sudah dua dasawarsa ini, diharapkan terus menabur benih kebaikan kepada seluruh manusia. “Semoga makin sukses dan jaya,” katanya.

Dewan Pembina Yayasan Buddhayana Batam, YM Bante Viriyanadi Maha Thera mengatakan, keberadaan Yayasan Buddhayana Batam tak terlepas dari berbagai dukungan yang terus mengalir dari umat Buddha. Sejak berdiri pada 3 September 1997 lalu hingga sekarang, Yayasan Buddhayana Batam tetap eksis melakukan pembinaan kepada umat. Terbukti dengan berdirinya Sekolah Bodhi Dharma sebagai wujud kepedulian umat Buddha terhadap dunia pendidikan yang selaras dengan cita-cita pemerintah.

“Selamat HUT ke 20 Yayasan Buddhayana Batam (YBB), semoga semakin sukses dan jaya. Dirgahayu YBB,” ujarnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com