SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Suhu Batam Menyengat

  • Reporter:
  • Kamis, 16 Maret 2017 | 14:26
  • Dibaca : 897 kali
Suhu Batam Menyengat
Fatamorgana di jalan raya akibat suhu yang tinggi. Foto Teguh Prihatna.

BATAM – Suhu udara di Batam dan wilayah Kepri lainnya sangat menyengat, kemarin. Suhu yang biasanya di bawah 32′ celsius, kemarin sampai 33.
===
Sejumlah warga mengeluhkan suhu panas tersebut. Di sejumlah media sosial, banyak yang memposting panasnya suhu Batam yang menyengat itu.

“Panasnya pool,” tulis Agus Bagjana di laman facebook-nya, kemarin.

Aris Budianto, warga Batam Centre juga mengeluhkan cuaca terik tersebut. Ia yang biasanya pergi fitnes di siang hari, memilih tak keluar rumah. “Kayak mau terbakar,” kata bujang berumur 30 tahun itu.

Kepala BMKG Hang Nadim Batam Philip Bustamu mengatakan, suhu terik di Batam bagian dari akan datangnya equinox. Ini sebuah fenomena astronomi, di mana matahari melintasi garis khatulistiwa dan secara periodik berlangsung dua kali dalam setahun. Yaitu pada tanggal 21 Maret dan 23 September. Itu artinya, pekan depan fenomena itu akan kita rasakan.

“Saat ini suhu mencapai 33 derajat celsius. Biasanya suhu kita maksimal 32 derajat celsius,” ucapnya, kemarin.

Namun, Philip meminta warga Kepri tak khawatir. Equinox, katanya, terjadi dua kali dalam setahun. Ia meminta masyarakat tak perlu panik karena fenomena ini tidak akan berlangsung lama.

Philip memastikan suhu di Batam dan wilayah Kepri lainnya tidak akan sampai mencapai 40 drajat celsius.

“Berita di medsos yang menyatakan suhu bisa 40 derajat celsius itu bohong. Katanya di Singapura dan Malaysia 40 derajat saya kira itu bohong saja, karena suhu kita sama dengan negara tetangga itu,” ujarnya.

Meski begitu, Philip tetap mengimbau warga menjaga kesehatan selama masa equinox. “Kita jangan sampai dehidrasi biar tidak sakit,” ungkapnya.

Hal yang sama juga diungkap Kepala Bidang Pengendalian Penyakit, dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kota Batam, Sri Rupiati.

Perubahan drastis cuaca menjadi lebih panas, katanya, harus diantisipasi warga dengan memperbanyak meminum air putih, menghindari dehidrasi. “Juga kurangi aktivitas di luar ruangan jika tak terlalu penting,” kata Sri, kemarin.

mohammad ilham

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com