SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Sultan Mahmud Riayat Syah Pahlawan Nasional

  • Reporter:
  • Jumat, 10 November 2017 | 15:00
  • Dibaca : 71 kali
Sultan Mahmud Riayat Syah Pahlawan Nasional
Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat menghadiri upacara penganugerahan gelar pahlawan nasional oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (9/11/2017).

JAKARTA – Presiden Joko Widodo menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada tokoh dari Provinsi Kepri, Sultan Mahmud Riayat Syah. Penganugerahan gelar pahlawan Gerilya Laut ini dinilai bisa menjadi momentum untuk membangkitkan kembali kejayaan bahari di Provinsi Kepri.

Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengatakan, gelar Gerilya Laut tersebut semakin menguatkan besarnya potensi bahari Kepri yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ia berharap penganugerahan gelar pahlawan ini memotivasi dan mendorong peran masyarakat untuk lebih memajukan Kepri. “Anugerah ini menunjukkan ada tokoh Melayu Kepri yang menjadi panutan nasional. Ini harus menjadi penyemangat yang mendorong kita semua membangun Kepri semakin baik,” ujarnya usai menghadiri upacara penganugerahan gelar pahlawan nasional oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (9/11/2017).

Penganugerahan gelar pahlawan nasional ini merupakan rangkaian peringatan Hari Pahlawan tahun 2017. Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Presiden Nomor 115/TK/Tahun 2017 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional, tanggal 6 November 2017, ada empat tokoh yang memperoleh anugerah Gelar Pahlawan Nasional. Selain kepada Sultan Mahmud Riayat Syah, gelar tersebut juga diberikan kepada TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid dari Provinsi Nusa Tenggara Barat, Laksamana Malahayati dari Aceh, dan Lafran Pane dari Yogyakarta.

Gelar untuk Sultan Mahmud Riayat Syah diterima langsung titisan kedelapannya, yaitu Tengku Husein Saleh. Gubernur mendampingi Tengku Husein menerima anugerah yang disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi. Selain zuriat dan ahli waris, hadir juga dalam penganugerahan tersebut Bupati Lingga Alias Wello dan tokoh sentral pembentukan Provinsi Kepri Huzrin Hood. Nurdin berterima kasih kepada pemerintah pusat yang menganugerahkan gelar pahlawan tersebut dan seluruh komponen masyarakat Kepri yang telah berperan aktif selama ini. Sampai sekarang, sudah tiga tokoh Kepri yang mendapat gelar pahlawan nasional, yaitu Raja Haji Fisabillah pada 1997, Raja Ali Haji pada 2004, dan tahun ini Sultan Mahmud Riayat Syah.

Selengkapnya baca KORAN SINDO BATAM

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com