SINDOBatam

Terbaru Metro+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Suplai Kelistrikan Batam Bertambah 120 MW

  • Reporter:
  • Jumat, 17 Januari 2020 | 15:05
  • Dibaca : 83 kali
Suplai Kelistrikan Batam Bertambah 120 MW
Direktur Utama PLN Batam Dadan Kunadipura menandatangani prasasti peresmian PLTGU Tanjunguncang, Kamis (16/1). f ahmad rohmadi

BATUAJI – Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Tanjunguncang resmi beroperasi secara penuh. Proyek yang dibangun tahun 2013 tersebut baru rampung pada Desember 2019. Dengan penambahan daya 120 MW, suplai kelistrikan di Batam saat ini memiliki cadangan daya sekitar 100 MW.

Direktur Utama PLN Batam Dadan Kurniadipura mengatakan, PLTGU Tanjunguncang merupakan pembangkit terbesar yang menjadi aset PLN Batam. Tujuan utama dibangunnya pembangkit tidak lain adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Batam.

“PLTGU Tanjunguncang ini saya mengikuti mulai dari merencanakan, hingga selesai sekarang ini. Jika kita lihat mulai awal pembangunan hingga selesai memang lama, tapi saya kira terpenting adalah prosesnya,” ujarnya saat meresmikan PLTGU Tanjunguncang, Kamis (16/1).

Dalam kontrak, pembangunan PLTGU Tanjunguncang sebenarnya memang direncanakan dua tahun, tapi kenyataan membutuhkan waktu sekitar enam tahun baru benar-benar bisa beroperasi penuh. Menurut dia, sejak mulai pembangunan dari pematangan lahan sudah banyak tantangan dan cobaan.

“Kemudian, saat sudah selesai pada waktu itu ternyata gasnya belum tersedia. Belum lagi kendala-kendala lainnya, karena itu kita semua tentu sangat bersyukur hari ini bisa diresmikan PLTGU Tanjunguncang,” katanya.

Dadan berharap dengan adanya penambahan daya, kelistrikan di Batam bisa semakin handal. Dengan demikian pelayanan kepada masyarakat diharapkan bisa lebih maksimal. Pihaknya mengajak seluruh pegawai PLN Batam bisa terus komitmen untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Total pasokan daya kelistrikan di Batam saat ini sekitar 555 MW, sedangkan beban puncak saat ini sekitar 450 MW. Dalam kondisi normal cadangan daya kelistrikan di Batam ada 105 MW. Sehingga, cadangan daya yang dimiliki mencukupi untuk memenuhi kebutuhan daya di Batam.

“Saat ini kami juga akan memulai lelang pembangunan pembangkit 30 MW di Baloi,” ujarnya.

Kemudian rencana ke depan PLN Batam juga akan membangun pembangkit-pembangkit baru untuk mengantisipasi meningkatkan pertumbuhan kelistrikan di Batam. Selain itu tentunya juga akan menyesuaikan dengan teknologi di era digital saat ini.

“Kami juga harus maju, dan hal ini menjadi tantangan kita semua untuk mewujudkan mimpi-mimpi PLN Batam,” katanya. Ahmad Rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com