SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Supriono dan Kendy Dilantik Jadi Dewan

  • Reporter:
  • Kamis, 27 September 2018 | 12:11
  • Dibaca : 79 kali
Supriono dan Kendy Dilantik Jadi Dewan
Supriono dan Kendy Agustin saat dilantik sebagai dewan oleh Ketua DPRD Tanjungpinang Suparno, Rabu (26/9). F Muhammad Bunga Ashab

PINANG – Dua anggota DPRD Tanjungpinang baru dari Fraksi PDIP Supriono dan Kendy Agustin resmi dilantik, Rabu (26/9) pada rapat paripurna istimewa pergantian antar waktu (PAW). Supriono menggantikan Rahma dan Kendy menggantikan Boorman Sirait (almarhum). Dua anggota dewan baru itu tampak gugup pada saat proses pengucapan sumpah jabatan.

Ketua DPRD Tanjungpinang Suparno mengatakan,
rapat paripurna istimewa PAW tersebut berdasarkan kententuaan Pasal 410 ayat 6 UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPRD, dan DPD mengatur bahwa sebelum memangku jabatannya PAW harus mengucapkan sumpah jabatan.

Untuk itu, pada hakakatnya tekad anggota dewan baru untuk memperjuangkan aspirasi rakyat yang diwakilinya bertumpu kepada Pancasila dan UUD 1945 dan peraturan perundang-undangan berupa kewajiban dan tanggung jawab harus dilakukan setiap anggota pengucapan sumpah dan janji.

“Mereka anggota dewan baru yang memperoleh suara terbanyak dalam pemilihan dan daerah pemilihan sama,” kata Suparno.

Dia menuturkan, dengan sisa waktu dan kerja yang menumpuk anggota dewan baru harus cepat belajar dan menyesuaikan diri. Sebab, tidak ada waktu lagi untuk bersantai-santai.

“Yang bersangkutan harus cepat belajar dan menyesuaikan diri dan mempelajari tugas dan fungsinya. Yang jelas mulai besok (hari ini) sudah mulai bekerja,” kata dia.

Sementara itu untuk proses tiga dewan lagi yakni Agung Triyanto dari PKPI pindah ke Nasdem sebagai bacaleg DPRD Kepri, Beni dari PKPI pindah ke Golkar sebagai bacaleg DPRD Tanjungpinang, dan Fengky Fasinto dari Fraksi Hanura pindah ke Nasdem masih dalam proses.

“Tiga orang lagi sudah proses dan sudah sampai di tangan Gubernur Kepri dan segara akan diputuskan PAW-nya,” kata dia.

Asisten 1 Gubernur Kepri Raja Ariza mengatakan, wajar saja dalam pengucapan sumpah dan janji merasa gugup dan grogi. Terpenting, saat menjalani sebagai wakil rakyat tidak grogi menyuarakan aspirasi masyarakat.

“Kita lihat tadi ada groginya, memang berat sekali mengucapkan sumpah. Selamat atas dilantiknya kedua dewan baru,” kata Ariza.

Dia berharap sinergitas antara legislatif dan eksekutif harus dijaga dan ditingkatkan. Saling mendukung, sehingga Tanjungpinang menjadi kota yang maju.

“Pemerintah Provinsi akan selalu membantu Tanjungpinang,” ujarnya.

Sementara itu, Kendy mengaku bahagai setelah resmi menyandang wakil rakyat. Dia mengaku sudah terbiasa turun ke lapangan sehingga sudah siap untuk menampung dan menjemput aspirasi rakyat. Saat ini dia masih petunjuk dan arahan selanjutnya dari pimpinan.

“Yang jelas saya bahagia dan akan banyak belajar lagi karena banyak ketinggalan. Untuk kerja saya sudah biasa di lapangan,” kata Kendy.

muhammad bunga ashab

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com