SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Surat Bebas Narkoba Bacaleg Kedaluarsa, KPU Bintan Akan Kroscek ke RSUD Tanjungpinang

  • Reporter:
  • Rabu, 18 Juli 2018 | 14:23
  • Dibaca : 84 kali
Surat Bebas Narkoba Bacaleg Kedaluarsa, KPU Bintan Akan Kroscek ke RSUD Tanjungpinang
Komisioner KPU Bintan Harris Daulay memeriksa pengajuan berkas bacaleg yang diajukan Partai Gerindra pada hari terakhir pendaftaran di Kantor KPU Bintan, Selasa (17/7). f novel m sinaga

BINTAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bintan menunggu hingga batas akhir pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) untuk Pemilu 2019 di hari terakhir, Selasa (17/7/2018). Hingga kemarin sore, baru ada 10 partai politik (parpol) yang daftar ke KPU Bintan.

Adapun kesepuluh parpol tersebut, antara lain PKS, Partai NasDem, Hanura, Golkar, Partai Demokrat, Partai Berkarya, PAN dan Gerindra, PKB dan Perindo. Rata-rata parpol mendaftarkan 25 nama bacalegnya untuk bertarung di empat daerah pemilihan (dapil) yang tersedia di wilayah Kabupaten Bintan.

“Kami tunggu sampai jam 00.00. Kalau tidak juga mendaftar bisa dikatakan gugur. Kalau tidak ada lagi edaran dari KPU soal massa perpanjangan, kami mengacu ke peraturan yang ada,” kata Komisioner KPU Bintan, Rusdel.

Dari berkas pendaftaran bacaleg 10 parpol yang sudah diterima, pihaknya langsung melakukan verifikasi berkas dari masing-masing caleg di antaranya berupa syarat-syarat yang diatur oleh PKPU seperti KTP, ijazah legalisir, surat pernyataan, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), surat keterangan sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba, surat tanda bukti sudah terdaftar terpilih, surat pernyataan bersedia kerja penuh waktu, Kartu Tanda Anggota (KTA) parpol bersangkutan, dan pernyataan kesediaan dicalonkan pada satu dapil dan juga surat keterangan bebas narkoba.

Š╗┤asil verifikasi ada surat keterangan bebas narkoba salah satu bacaleg yang dianggap tidak berlaku. Sebab, dalam surat yang dikeluarkan RSUD Tanjungpinang itu massa berlakunya hanya enam hari. Kami akan verifikasi lagi ke RSUD Tanjungpinang. Karena massa berlakunya hanya enam hari saja, dan pada saat diterima itu sudah kedaluarsa,” kata Rusdel.

Mengenai temuan itu, Ia tak mempersoalkan. Sebab sesuai tahapan akan ada waktu perbaikan yang bisa digunakan parpol untuk memperbaiki berkas-berkas bacalegnya yang tidak lengkap. “Tanggal 22 hingga 31 Juli massa perbaikan berkas. Bisa diperbaiki,” ujarnya.

Dari sebagian parpol yang telah mendaftar optimistis mampu merebut sebanyak mungkin jumlah kursi DPRD yang tersedia di wilayah Bintan dengan memperoleh suara terbanyak.

Pengurus Partai Gerindra, Agustinus Purba mengatakan, pihaknya menargetkan 6 kursi di DPRD Bintan. Ia optismistis bisa merebut kursi unsur pimpinan yang saat ini dipegang Golkar, Demokrat dan PDI-P.

“Targetnya enam kursi dan merata di semua dapil. Kami ingin rebut kursi unsur pimpinan,” katanya.

Tak beda jauh dengan Gerindra, PAN Bintan yang diketuai Hesti Gustrian juga menginginkan kursi unsur pimpinan Dewan Bintan. Hanya saja, target partai matahari putih itu tidak muluk-muluk. “Minimal bisa mempertahankan yang sudah ada (3 kursi), tapi kami berusaha untuk bisa merebut kursi unsur pimpinan juga,” kata Hesti usai mengantarkan partainya mendaftar di KPU Bintan.

Sebagian besar partai yang sudah memiliki kursi di DPRD Bintan memang optimistis ingin kemenangan mutlak pada Pemilu serentak 2019 mendatang. Akan tetapi, target mengejutkan muncul dari partai pendatang baru.

Partai Berkarya Bintan yang diketuai Zakaria menargetkan tujuh kursi sekaligus agar bisa jadi pimpinan di DPRD Bintan. Menurut dia, perubahan perlu dilakukan. “Ada 21 bacaleg yang kami ajukan. Targetnya 7-8 kursi,” ujarnya. novel m sinaga

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com