SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Surat Imunisasi Jangan Halangi Hak Calon Siswa

  • Reporter:
  • Selasa, 12 Juni 2018 | 15:16
  • Dibaca : 132 kali
Surat Imunisasi Jangan Halangi Hak Calon Siswa
Ilustrasi DOK SINDO BATAM

BATAM KOTA – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam masih memberlakukan surat imunisasi sebagai bagian dari administrasi masuk Sekolah Dasar (SD) negeri dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini. Namun, syarat tersebut jangan sampai menjadi beban orang tua dan menghalangi anak untuk mendapatkan pendidikan.

“Surat imunisasi (tahun ini) masih berlaku,” ujar Anggota Komisi IV DPRD Kota Batam, Riky Indrakari di Batam Centre, Senin (11/6/2018).

Peraturan yang diberlakukan sejak 2015 itu, kata dia, tak boleh memaksa hingga menyebabkan anak ditolak sekolah karena belum imunisasi.

Anak-anak yang memiliki kartu imunisasi atau Kartu Menuju Sehat (KMS) harus membawanya saat mendaftar SD. Namun, mereka yang tidak memiliki kartu tersebut tetap bisa mendaftar, didata oleh pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) agar masuk ke dalam daftar yang harus diimunisasi.

“Jadi imunisasi bisa juga diberikan saat nanti saat siswa telah bersekolah. Sebab ini merupakan dua hak anak yang harus dipenuhi pemerintah. Hak pertama, yakni mendapatkan imunisasi, sedangkan hak yang kedua yakni memperoleh pendidikan.

Dua-duanya adalah kewajiban pemerintah, yaitu wajib mendidik, tetapi juga wajib menyiapkan imunisasi,” katanya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com