SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Tak Ada Pengurangan Kuota Premium

  • Reporter:
  • Jumat, 23 Maret 2018 | 13:21
  • Dibaca : 310 kali
Tak Ada Pengurangan Kuota Premium
Warga antre mengisi BBM di SPBU Batuampar. /TEGUH PRIHATNA

LUBUKBAJA – Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) menegaskan tidak ada pengurangan bahan bakar minyak (BBM) jenis premium. Tahun ini, pemerintah telah menetapkan kuota premium 7,5 juta kiloliter untuk daerah di luar Jawa Madura Bali (Jamali). Kuota ini masih lebih tinggi dibanding realisasi tahun lalu hanya 7 juta kiloliter.

Anggota Komite BPH Migas Muhammad Ibnu Fajar mengatakan, kelangkaan premium seharusnya tidak terjadi karena kuota yang disediakan pemerintah cukup banyak. Meski masyarakat sudah mulai meninggalkan premium dan beralih pada BBM jenis lain, premium harus tetap ada sebab Provinsi Kepri merupakan daerah penugasan karena di luar Jamali.

“Saya tegaskan tidak ada kelangkaan BBM termasuk dengan jenis premium, karena Tim BPH Migas juga sudah melakukan pengawasan,” ujarnya di Nagoya Hill Hotel, Kamis (22/3/2018).

Terkait dengan seringnya sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang kehabisan pasokan premium, hal itu bisa terjadi karena ada beberapa faktor. Hasil temuan BPH Migas di sejumlah daerah disebabkan karena adanya sejumlah kendala saat pengiriman oleh Pertamina. Kendala ini di antaranya seperti cuaca buruk atau kendala lainnya di lapangan.

Temuan lain ada beberapa SPBU yang memang tidak mau menjual BBM jenis premium, dan hal ini memang sepenuhnya menjadi kewenangan dari Pertamina. Kemudian BPH Migas dijelaskannya tidak masuk dalam penentuan kuota untuk setiap SPBU, karena hal itu juga menjadi kewenangan Pertamina atau badan yang bersangkutan.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com