SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Tak Ada Ruang Untuk Paham Radikal

  • Reporter:
  • Jumat, 14 September 2018 | 13:54
  • Dibaca : 59 kali
Tak Ada Ruang Untuk Paham Radikal
ilustrasi

BINTAN – Forum Kerukunan Umat Beragaman (FKUB) Bintan menggelar sosialisasi kepada seluruh pengurus rumah ibadah yang ada di Bintan, Kamis (13/9/2018) di Aula Kantor Kementerian Agama Bintan. Dalam kesempatan FKUB dan peserta yang hadir sepakat, tak ada ruang untuk paham radikal berkembang di Bintan.

Kapala Kemenag Bintan Nasir dalam mengatakan, Kemenag Bintan melalui FKUB menjadikan kegiatan ini sebagai rutinitas wajib tahunan. Dari sini diharapkan permasalahan yang berorientasi pada kerukunan beragama bisa dicegah maupun diantisipasi sedini mungkin.

Sementara itu, Ketua FKUB Bintan Nur Cholid juga mengangkat satu isu penting saat ini, yaitu terkait paham radikal.

“Kerukunan antar umat menjadi prioritas kita bersama. Pekerjaan rumah baru kita adalah membangun benteng yang kuat bagi setiap orang dari maraknya paham radikal yang bisa merongrong kedamaian dalam keberagaman,” ujarnya.

Wabup Bintan Dalmasri Syam saat memberikan arahan dengan tegas mengimbau kepada jajaran FKUB agar bisa berperan aktif di masyarakat. Dia menyebutkan keyakinan yang harus dianut menjadi hak setiap orang yang dilindungi oleh konstitusi negara. Untuk itu lah, sikap toleransi harus benar-benar hidup di masyarakat.

“Semua berhak atas keyakinan yang dianut. Kita tidak punya hak untuk memaksa seseorang ikut kepada kita. Dari keberagaman ini lah kita didik diri kita untuk berdamai dengan keberagaman. Di sini juga peran FKUB yang harus dapat menempatkan posisi sesuai porsi di tengah masyarakat,” kata dia.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan juga memberikan apresiasi atas agenda positif ini. Pemkab Bintan bahkan siap untuk mendukung berbagai upaya yang bertujuan menciptakan situasi yang nyaman dan kondusif di tengah masyarakat.

novel m sinaga

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com