SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Tak Ada X-Ray, Banyak Penyelundupan Masih Lolos

  • Reporter:
  • Selasa, 15 Agustus 2017 | 10:04
  • Dibaca : 385 kali
Tak Ada X-Ray, Banyak Penyelundupan Masih Lolos
Petugas keamanan mengawasi masuknya penumpang KM Bukit Raya ke Pelabuhan Sri Bayintan, Bintan. / DJOKO SULISTYO

KIJANG – Direktorat Polair Korpolairud Baharkam Polri mengkungkap penyelundupan ribuan botol minuman keras di Pelabuhan Tanjungpriok. Ribuan botol miras itu dibawa penumpang kapal KMP Dorolonda milik PT. Pelni yang berangkat dari Pelabuhan Sri Bayintan Kijang, Rabu (9/8). Kasus itu menjadi perhatian serius dari berbagai instansi yang berada di Kabupaten Bintan.

Lolosnya penyelundup dituding akibat kurang memadainya fasilitas pemeriksaan yang dimiliki pelabuhan. Sejauh ini, pengawasan barang milik penumpang masih menggunakan cara manual, mengandalkan kejelian petugas.

Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Pelabuhan Sribayintan Kijang, Sanggam Simamora menyebut, saat ini pelabuhan yang menghubungkan Kepri dengan Pulau Jawa dan Pulau Kalimantan itu belum dilengkapi perlengkapan pemindai barang. Sanggam menyambut baik rencana PT Pelni yang mengajukan pengadaan alat metal detektor untuk memindai barang bawaan penumpang di pelabuhan tersebut.

“Bila perlu mesin atau alat X-ray juga dipasang, tapi itu mungkin masih agak lama, karena perangkat tersebut tentu membutuhkan anggaran yang lebih besar,” terang Sanggam di Bintan, Senin (14/8).

Selengkapnya baca KORAN SINDO BATAM

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com