SINDOBatam

Terbaru Metro+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Tak Diberi Kasbon, Sekuriti Bakar Mess Hotel

  • Reporter:
  • Kamis, 8 November 2018 | 15:42
  • Dibaca : 75 kali
Tak Diberi Kasbon, Sekuriti Bakar Mess Hotel
ilustrasi

BATAM KOTA – Lian Taufik Nasution berusaha membakar mess milik Hotel 01, Batam Centre tempatnya bekerja pada Mei lalu. Usaha pembakaran dilakukan karena sakit hati tak diberi pinjaman uang oleh bosnya.

Hal ini disampaikan terdakwa dan terungkap sebagai fakta persidangan. Lian yang bekerja sebagai sekuriti di Hotel 01 mengaku kesal setelah berulang kali berusaha meminjam uang dari perusahaan. Ia juga kesal karena gajinya tak kunjung naik. “Memang terdakwa mengakui perbuatannya. Dia marah, karena nggak dikasih kasbon dan gajinya nggak naik-naik,” kata Jaksa Penuntut Umum (JPU) Yan Elhas usai persidangan pembacaan putusan, Rabu (7/11).

Sebelum membakar mess, Lian sudah berulang kali melakukan percobaan pembakaran di area Hotel 01. Pertama kalinya, Lian mencoba membakar sakelar lampu yang ada di dalam toilet menggunakan mancis pada 12 Mei lalu. Tak berhasil, Lian melanjutkan aksi berikutnya keesokan harinya.

Tak tanggung-tanggung, Lian mencoba membakar minibus yang terparkir di halaman belakang hotel. Ia membakar bagian safety belt. Namun, kebakaran tersebut segera diketahui hingga akhirnya api berhasil dipadamkan.

Dalam sidang putusan yang digelar di Pengadilan Negeri Batam, ia dinyatakan terbukti bersalah melanggar pasal 187 Ayat(2) KUHP Jo Pasal 64 Ayat(1) KUHP. Ia pun dijatuhi hukuman penjara selama 2 tahun dan 6 bulan.

“Menjatuhkan hukuman pidana penjara kepada terdakwa selama 2 tahun dan 6 bulan, dikurangi sepenuhnya dengan masa penahanan yang dijalani,” kata Hakim Mangapul Manalu membacakan amar putusan.

Putusan tersebut sama dengan tuntutan JPU Yan. Hukuman tersebut dirasa sangat tinggi oleh terdakwa hingga akhirnya ia menyatakan akan mengajukan banding atas putusan. Sementara itu, JPU Yan mengaku akan pikir-pikir selama 7 hari ke depan setelah putusan dibacakan. aini lestari

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com