SINDOBatam

Terbaru Metro+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Takut Terjaring Razia, Ratusan Warga Urus SIM

  • Reporter:
  • Kamis, 8 November 2018 | 16:13
  • Dibaca : 250 kali
Takut Terjaring Razia, Ratusan Warga Urus SIM
Pemohon antre pengurusan SIM di Satlantas Polresta Barelang, Rabu (7/11). f romi kurniawan

BATAM KOTA – Pengajuan pemohonan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Satlantas Polresta Barelang meningkat selama Operasi Zebra Seligi 2018. Dalam sehari, tercatat ada 100 pemohon pembuatan dan perpanjangan SIM.

Pantauan KORAN SINDO BATAM, ratusan warga terlihat memadati ruang pelayanan SIM. Bagi yang tak dapat tempat duduk, pemohon rela berdiri sembari menunggu proses pembuatan SIM.

Kasat Lantas Polresta Barelang Kompol I Putu Bayu Pati mengatakan, meningkatnya warga mengajukan pembuatan SIM dipengaruhi pelaksanaan Operasi Zebra Seligi 2018, yang telah berjalan selama sembilan hari. “Peningkatan pembuatan SIM sudah terjadi selama tiga hari ini, dan rata-rata warga membuat dan memperpanjang SIM,” ujarnya, Rabu (7/11).

Meskipun peminat pembuatan SIM meningkat, pelayanan tetap mulai pukul 08.00 dan tutup pukul 15.00. Peningkatan pembuatan SIM naik 100 persen. “Kalau pada hari biasa pembuatan SIM hanya 50 orang dalam sehari, kalau sekarang saat razia meningkat menjadi 100 orang sehari,” katanya.

Meningkatkan pengurusan ini karena SIM sudah habis masa berlaku atau sudah mati, karena selama operasi Zebra petugas sering melakukan razia. Sehingga, warga lebih memilih membuat SIM.

“Selama Operasi Zebra, kami banyak mendapatkan pelanggaran surat-surat kendaraan yang tidak lengkap, melanggar rambu-rambu lalu lintas, dan melawan arah,” ungkap Putu.

Dalam proses penerbitan SIM baru, Satlantas Polresta Barelang tetap sesuai SOP dan mengikuti uji teori dan praktik. Hal ini dilakukan agar pengendara paham peraturan berlalu lintas.

“Kami harapkan kepada masyarakat dapat hati-hati di jalan, penuhi syarat administrasi surat-surat kendaraan dan tidak membuat pelanggaran di jalan raya,” katanya.

Salah seorang warga, Rahman mengatakan, ia mengurus SIM karena sudah habis masa berlaku. “Ya salah satunya karena ada razia, karena saya tidak mau gara-gara kelengkapan kurang, saya terlambat nanti bekerja,” katanya. romi kurniawan

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com