SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Tarif Air PDAM Segera Naik Jadi Rp500 Per Kubik

  • Reporter:
  • Senin, 18 Desember 2017 | 11:02
  • Dibaca : 306 kali
Tarif Air PDAM Segera Naik Jadi Rp500 Per Kubik
Bupati Karimun Aunur Rafiq. / Dok KORAN SINDO BATAM

KARIMUN – Pemerintah Kabupaten Karimun berencana menaikkan tarif air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) mulai awal Januari 2018. Kenaikan akan untuk enam bulan pertama direncanakan naik sebesar Rp500 dari harga awal per kubik saat ini Rp1200, dan kembali akan dinaikkan secara bertahap hingga mencapai harga keekonomian Rp3000 per kubik.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, pihaknya mempertimbangkan harga air eceran dalam yang mencapai Rp10 ribu per drum ukuran sepertiga kubik untuk menaikkan tarif air PDAM. Selain itu, menurut Rafiq, harga air bersih di Karimun adalah yang termurah di Provinsi Kepri.

“Coba bandingkan kalau beli air truk tanki, satu drum saja sudah Rp10 ribu. Kita akan sosialisasikan ke pelanggan, saya yakin tidak akan keberatan, alasannya pertama air sudah lancar, kedua kualitas air bersih kita juga sangat baik, dari pada mereka beli air truk tanki,” ucap Rafiq belum lama ini.

Rafiq meminta masyarakat memahami, kenaikan diperlukan untuk menyeimbangkan pendapatan PDAM yang dibebani berbagai pengeluaran. Menurutnya, saat ini PDAM memiliki beban membeli obat-obatan, gaji karyawan, pengembangan pemasangan jaringan baru dan sejumlah pengeluaran lain tidak akan tercukupi jika harga jual air terlalu murah.

Rafiq menambahkan, rencana kenaikan air bersih tidak perlu dibahas dengan DPRD, cukup dengan menyampaikan laporan soal harga baru yang akan diberlakukan nantinya. Karena kewenangan naiknya air bersih itu merupakan hak preogratif PDAM.

“Tapi yang penting sekarang saya minta PDAM perbaiki pelayanan dulu, kalau sudah bagus semua sudah bagus seperti kualitas air dan distribusi air tak macet. Setelah pelayanan bagus, baru harga dinaikkan,” jelas Rafiq.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com