SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Tarif Baru Pas Pelabuhan SBP Diterapkan 1 Juni

  • Reporter:
  • Kamis, 16 Maret 2017 | 11:08
  • Dibaca : 442 kali
Tarif Baru Pas Pelabuhan SBP Diterapkan 1 Juni
PT Pelindo akan menerapkan tarif baru pas Pelabuhan Internasional mulai 1 Juni mendatang. Foto Joko Sulistyo.

PINANG KOTA- PT Pelindo I Cabang Tanjungpinang dan BUMD Kota Tanjunpinang (PT Tanjungpinang Makmur Bersama) akan menerapkan tarif baru pas Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura (SBP) mulai 1 Juni mendatang, untuk warga Indonesia sebesar Rp35 ribu dan warga asing Rp55 ribu.

“Tarifnya kita turunkan Rp5 ribu dari usulan pertama sebesar Rp40 ribu menjadi Rp35 ribu untuk warga Indonesia. Sedangkan warga asing menjadi Rp55 ribu dari Rp60 ribu yang diusulkan,” kata General Manager (GM) PT Pelindo I Cabang Tanjungpinang Wayan Wirawan usai rapat dengan DPRD Kota Tanjungpinang, Dinas Perhubungan Kota Tanjungpinang, ASITA Tanjungpinang, Organisasi Kepemudaan, DPRD Kepri dan masyarakat di Hotel CK Tanjungpinang, Rabu (15/3).

Menurut dia, kesepakatan tersebut setelah mendengarkan masukan dari berbagai pihak. Kesepakatan juga merupakan kelanjutan dari hasil Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan DPRD Kota Tanjungpinang sebanyak tiga kali. “Kita mendapatkan masukan setelah mendengarkan aspirasi dari mereka,” ujar Wayan.

Dia mengharapkan, penerapan tariff baru pas Pelabuhan Internasional SBP dapat diterima oleh seluruh masyarakat, khususnya pengguna jasa kepelabuhanan internasional. “Untuk pelabuhan domestik, kita tidak melakukan perubahan apapun, tetap seperti dulu,” kata Wayan.

Dia juga mentgataka, terkait bagi hasil PT Pelindo dengan BUMD akan dibahas selanjutnya dan dituangkan dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) mengenai Dana bagi Hasil (DBH).

Direktur Utama BUMD Kota Tanjungpinang Asep Hana Suryana mengtatakan, penerapan tarif baru pas Pelabuhan Internasional SBP diputuskan setelah mendengar masukan dari berbagai pihak. Besaran angka yang disepakati merupakan aspirasi dari berbagai pihak, setelah menyesuaikan dengan kemampuan masyarakat pengguna jasa pelabuhan internasional.

Dalam kesempatan tersebut, Asep juga mengtatakan program kerja sama lainnya dengan PT Pelindo I Tanjungpinang, yakni rencana parkir di Pelabuhan Batu 6 Tanjungpinang akan dikelola BUMD Tanjungpinang mulai 2018. “Untuk tarif pelabuhan, kami sharing . Untuk ketertiban, keamanan perkerja di pelabuhan tersebut termasuk cetak struk, trolley dan lainnya, nanti pihak BUMD yang melaksanakan,” kata Asep.

Menurut dia, kerja sama tersebut untuk meningkatkan pelayanan jasa pelabuhanan kepada masyakarat. Kerja sama tersebut akan direalisasikan dalam waktu dekat.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com