SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Tarif Listrik Naik, Pelaku Usaha Kecil di Batam Mengeluh

  • Reporter:
  • Kamis, 6 April 2017 | 14:20
  • Dibaca : 640 kali
Tarif Listrik Naik, Pelaku Usaha Kecil di Batam Mengeluh
Usaha fotocopi Fitri di Sagulung. Foto Muhammad Arief.

SINDOBATAM – Kenaikan tarif dasar listrik PLN sebesar 30-45 persen memberatkan sejumlah pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Pasalnya, kenaikan tersebut dianggap terlalu tinggi bagi warga menengah ke bawah.

Imbas dari kebijakan tersebut mulai dirasakan langsung seperti membengkaknya tagihan listrik yang dibayar dalam beberapa hari terakhir ini.

Fitri, salah seorang pemilik usaha bidang fotocopi di Sagulung, mengeluhkan kenaikan biaya listrik yang menjadi beban utama usahanya. Usaha yang ia kelola sangat banyak menggunakan listrik.

“Ini yang jadi dilema, di satu sisi untung tidak seberapa. Tapi biaya oprasional listrik harus bertambah,” katanya, Kamis (6/4/2017).

Fitri mengaku menggunakan listrik berdaya 2.200 watt. Guna menggerakkan dua mesin fotocopi membutuhkan daya 1.400 watt di ruko yang dikontraknya itu.
Sehingga setiap bulan, Fitri harus membayar Rp1.100.000 hanya untuk biaya listrik saja.

“Terpaksa menaikkan tarif fotocopi dari Rp 150 menjadi Rp200 per lembar untuk menutupi kebutuhan beban listrik,” ujarnya.

Menurut dia, Pemerintah seharusnya mengkaji ulang kenaikan listrik. Pasalnya, harga berbagai barang penunjang usaha seperti kertas sudah naik dan ditambah lagi beban listrik.

“Kami harap pemerintah membatalkan kebijakan ini,” kata Fitri.

Jika terus seperti ini, ia khawatir banyak pengusaha kecil gulung tikar. Sebab kenaikan tarif listrik tidak masuk akal mencapai 30-45 persen. “Bagaimana nasib ke depannya pengusaha seperti kami?, pasti makin susah,” tuturnya.

Sementara Aspan warga Batuaji mengeluhkan biaya tagihan listrik bulan ini mencapai Rp450 ribu. Padahal bulan-bulan sebelumnya dia membayar tidak lebih dari Rp200 ribu. “Memang agak banyak pakai alat elektronik, tapi tidak pernah lebih dari Rp200 ribu sebulan,” ujarnya.

1 Komentar

  1. tith Rabu, 24 Mei 2017

Theme Portal Berita TUX_URL.com