SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Tekan Kelebihan Kapasitas, Lapas Barelang Pindahkan 35 Napi

  • Reporter:
  • Kamis, 7 Desember 2017 | 13:47
  • Dibaca : 45 kali
Tekan Kelebihan Kapasitas, Lapas Barelang Pindahkan 35 Napi
Ilustrasi. Foto SINDO BATAM JOKO SULISTIYO

SAGULUNG – Lapas Kelas II A Barelang memindahkan 35 narapidana (napi) ke Lapas II A Tanjungpinang dan Lapas Khusus Narkoba Tanjungpinang, Kamis (30/11/2017). Pemindahan dilakukan lantaran daya tampung Lapas Batam sudah melebihi kapasitas yang ada.

Dari 35 napi yang dipindahkan, 20 di antaranya adalah napi yang terjerat kasus narkoba dipindahkan ke Lapas Khusus Narkoba Tanjungpinang. Sementara 15 napi yang terjerat kasus pidana umum dipindahkan ke Lapas Kelas II Tanjungpinang.

“Pemindahan ini sesuai dengan surat keputusan dari Menteri Hukum dan HAM. Mereka yang dipindahkan adalah napi yang sedikit membandel,” kata Kepala Lapas Barelang, Surianto, Rabu (6/12/2017).

Lapas Kelas II A Barelang saat ini mengalami over kapasitas hingga 100 persen. Jumlah ideal daya tampung lapas hanya untuk 545 napi, namun saat ini jumlah keseluruhan napi yang ada mencapai 1.309 orang. “Memang sudah instruksinya untuk memindahkan, ini juga untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Jika harus kembali dipindahkan, kami akan kembali melakukannya,” katanya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com