SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Telat Susun APBDes, Kades di Natuna Belum Gajian

Telat Susun APBDes, Kades di Natuna Belum Gajian
ilustrasi

NATUNA – Hampir seluruh Kepala Desa dan staf desa di Natuna hingga saat ini belum menerima gaji. Persoalan ini disebabkan lambatnya beberapa desa menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Hanya saja, sanksi keterlambatan itu berlaku kepada seluruh desa.

“Jika seperti ini terus bagaimana pelayanan kepada warga bisa berjalan sempurna jika hak bagi kades dan staf desa termasuk anggota BPD tidak disalurkan,” ungkap Mulyadi saat pertemuan dengan anggota DPRD Komisi III dan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Pemkab Natuna, Selasa (21/3).

Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Natuna Syafi’i, mengaku tidak bisa berbuat banyak terkait gaji para kades yang belum tersalurkan ini. Sesuai Peraturan Bupati (Perbup) Natuna sudah jelas proses pencairan harus sejalan dengan APBD Natuna.

“Selama ini laporan penggunaan anggaran yang diusulkan setiap desa mengalami keterlambatan sehingga anggaran yang ditransfer ke desa menjadi terlambat,” ujarnya.

Keterlambatan penyaluran anggaran ke desa bukan karena pemerintah daerah menunda-nunda, namun karena penyusunan di desa yang membuat segala operasional sampai gaji kades juga tertunda.

“Kita juga ingin segalanya bisa berjalan normal, namun pemerintah sudah menekankan supaya usulan setiap desa bisa lebih cepat,” ujarnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com