SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Teluk Paling Cantik di Dunia

  • Reporter:
  • Rabu, 13 Desember 2017 | 15:34
  • Dibaca : 114 kali
Teluk Paling Cantik di Dunia

Bagian dari air laut yang menjorok ke daratan, teluk atau bay adalah bentuk unik yang memisahkan daratan dan lautan.

Teluk umumnya memilliki arus air yang tenang dibandingkan air laut di sekelilingnya dan biasanya lokasi ini menjadi tempat berlabuh kapal-kapal dari cuaca buruk. Dari sekian banyak jumlahnya di dunia, inilah deretan teluk terindah.

Ha Long Bay 
Ha Long Bay atau teluk para naga berlokasi di Vietnam bagian utara, dengan panjang pantai sekitar 120 km. Tempat ini merupakan salah satu destinasi andalan Vietnam untuk menarik turis mancanegara karena di terdapat beribu-ribu pulau kecil, dimana setiap pulau memiliki bentuk unik, hutan hujan tropis, dan pilar-pilar batuan gamping. Bahkan beberapa pulau memiliki gua-gua tersembunyi, danau dan tempat memancing. Para turis menyebut Ha Long sebagai perairan zamrud, karena kejernihan airnya memantulkan warna hijau seperti batu jamrud.

Guanabara Bay 
Guanabara Bay merupakan sebuah teluk di tenggara Brasil. Teluk ini dikelilingi hutan hujan tropis, pantai indah, tebing batu berbentuk unik, pegunungan Serra do Marl dan tentunya kota cantik Rio de Janeiro. Sejarahnya, pelabuhan ini ditemukan pada 1 Januari 1502 oleh penjelajah Portugis, Gaspar de Lemos yang kemudian ia namai Rio de Janeiro (artinya Sungai January), sedangkan asal Guanabara sendiri berasal dari bahasa lokal, Tupi-Guarani, yang artinya “the bosom of sea” atau dada-nya lautan.

San Francisco Bay 
San Fransisco Bay (Teluk San Fransisco) berada di pesisir pantai California dan daerah ini dikelilingi banyak teluk cantik. Tempat ini dikenal juga sebagai tempat urbanisasi terbesar kedua di pesisir barat Amerika, dengan penduduk sektiar 8 juta jiwa. Bisa dikatakan, San Fransisco adalah nadi ekonomi Amerika di pesisir barat. Di sini terdapat banyak pulau-pulau kecil, salah satu paling terkenal, pulau Alcatraz, yang pernah jadi penjara hingga 1963. Selain itu, jembatan the Golden Gate pun jadi landmark kota ini.

Port Jackson 
Port Jackson merupakan pelabuhan alami yang menjelma menjadi kota sebesar Sydney, salah satu kota paling hidup dan cantik di dunia. Di sini terdapat ratusan teluk, gua cantik, pantai indah dan kanal, semuanya berkontribusi terhadap kecantikan Kota Sydney secara keseluruhan. Kota pelabuhan ini juga memiliki dua landmark paling populer, The Sydney Opera House dan Sydney Harbour Bridge. Port Jackson terdiri dari gabungan beberapa perairan, meliputi Sydney Harbour, Middle Harbour, North Harbour, The Lane Cove dan Sungai Parramatta. Semuanya terletak di New South Wales, Australia.

Victoria Harbour 
Teluk Victoria merupakan pelabuhan ramai di Hong Kong dan menjadi salah satu destinasi populer dan pelabuhan alami terdalam di dunia. Banyaknya gedung pencakar langit yang menghadap menjadi pemandangan indah. bagian terpenting dari Hong semua aktivitas ekonomi dan berpusat di pelabuhan ini. Pantai di sini yakni Tsim Sha Tsui.

Phang Nga Bay 
Terletak sejauh 95 km dari Pulau Phuket, teluk Phang Nga merupakan salah satu tempat paling dicari turis saat berkunjung ke Thailand. Di lokasi ini terdapa gua-gua cantik, ngalau-ngalau aquatik, dan sisa-sisa pulau batu gamping/kapur yang tingginya bisa mencapai 300 meter. Pulau paling terkenal di teluk ini adalah sebuah batu gamping berbentuk jarum, yang disebut Ko Ping Kan (menjadi lokasi syuting film James Bond, “The Man With The Golden Gun”)

Bay of Kotor 
The Bay of Kotor terletak di selatan barat daya Montenegro, tepatnya menghadap lautan Adriatik. Tempat ini merupakan salah satu teluk paling indah di benua Eropa dan sering dianggap fjord (teluk panjang). Faktanya teluk ini masih kelanjutan dari sungai yang dikiri-kanannya terdapat ngarai tinggi, sehingga tak terlihat lautan. Di dalam teluk terdapat pantai Idyllic dengan pasir pantai indah, beberapa resort, dan pemandangan cantik dari kota Risan, Perast dan Kotor, semuanya terlihat seperti dalam lukisan.

Bay of Islands 
The Bay of Island adalah salah satu destinasi populer para turis yang sedang mengunjungi Selandia Baru. Terdapat lebih dari 144 pulau kecil, dimana sebagian besar memiliki teluk-teluk indah dan pantai berpasir cantik. Teluk ini telah menjadi surga bagi sejumlah hewan laut, seperti pinguin, lumba-lumba, paus biru, marlin dan ikan lainnya. Teluk ini juga memiliki nilai historis, dimana daerah pertama Selandia Baru yang dulu pernah dikuasai Eropa.

Paradise Bay 
Paradise Bay merupakan satu dari dua tempat yang biasa digunakan oleh kapal-kapal pesiar untuk berhenti di benua Antartika (satu lagi Neko Harbour). Hasilnya, tempat ini jadi salah satu tempat paling dikunjungi di Antartika. Teluk ini dikelilingi oleh deretan pegunungan gletser dan sejumlah tebing es. Aktivitas disini meliputi pelayaran antara pelabuhan-iceberg dengan menggunakan perahu boat kecil, mengunjungi stasiun penelitian Chilean, dan kegiatan fotograpi beberapa hewan liar dan pemandangan khas Antartika.

Bay of Fundy 
The Bay of Fundy berada di pesisir samudra Atlantik, Kanada. Teluk ini terkenal memiliki pasang surut air laut (tidal) cukup tinggi. Karena proses alami ini, menyebabkan deformasi/bentuk teluk jadi unik dan indah, perbedaan level air saat terjadi pasang dan surut bisa setinggi 16 meter. Salah satu viewspot terbaik untuk melihat keunikan tidal ini adalah The Hopewell Rocks, dimana terdapat sejumlah pohon tertutup oleh pasir pantai.

 

KORAN SINDO

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com