SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Teluk Sunting Anambas Belum Tersentuh Jaringan Listrik

  • Reporter:
  • Rabu, 19 April 2017 | 09:35
  • Dibaca : 474 kali
Teluk Sunting Anambas Belum Tersentuh Jaringan Listrik
Bupati Anambas Abdul Haris meninjau puskesmas di Desa Teluk Sunting.

ANAMBAS – Pemukiman warga di Desa Teluk Sunting, Kecamatan Siantan Tengah, Anambas, belum masuk jaringan listrik. Ancaman gelap gulita kian serius karena warga terbebani biaya genset yang sampai Rp300 ribu setiap bulan.

Padahal, genset hanya dipakai untuk penerangan. Situasi makin parah karena alat komunikasi dengan ponsel masih terbatas sebab sinyal antara ada dan tiada. Banyak warga merasa desanya terisolir dari dunia luar.

“Dua tahun lalu sudah diusulkan ke PLN dan pemerintah agar desa kami masuk listrik. Tapi sudah menunggu lama tidak ada jawaban,” ujar Sutini, ibu rumah tangga di Desa Teluk Sunting, Senin (17/4).

Belum lama juga, desa dikunjungi DPD RI. Soal listrik sudah disampaikan tapi lagi-lagi tidak ada perkembangan. Selama ini warga desa menggunakan genset untuk penerangan dengan membayar Rp300 ribu per bulan untuk membeli bahan bakar.

Genset menghabsikan 2 sampai 3 liter perhari. Artinya warga mengeluarkan uang Rp15 ribu per hari untuk mendapatkan penerangan. Tapi biaya itu belum termasuk biaya perawatan mesin dan ganti oli.

Tapi belakangan warga mulai terbebani dengan biaya bulanan tersebut karena punya tanggungan lain seperti biaya sekolah dan transportasi. Sebab biaya transportasi sekolah hanya disubsidi pemerintah setengahnya saja. Warga desa berharap kondisi desanya berubah bila ditanggapi pemerintah.

“Kalau listrik sudah ada, kan terang juga pikiran kami. Anak-anak juga bisa belajar malam,” sebut Sutini.

Sementara itu, Bupati Anambas, Abdul Haris mengatakan pemerintah pusat mengalokasikan bantuan listrik sebesar 2 MW untuk Anambas. Program itu semestinya bisa menjadi solusi bagi desa-desa yang belum menikmati listrik. Hanya saja, kewenangan penanganan listrik berada di Pemprov Kepri.

“Saya tidak mau muluk-muluk, karena listrik diranah Pemprov Kepri. Tetapi kami tidak lepas tangan, tetap saya upayakan agar segera direalisasikan,”ujarnya.

PLN Tarempa, lanjut Haris, juga sudah survei pemasangan jaringan listrik di beberapa desa, salah satunya Desa Teluk Sunting.

“Desa Teluk Sunting, Air Nganga, Teluk Siantan dan Mubur telah disurvei oleh PLN. Menurut mereka sudah cocok dilakukan pemasangan jaringan, karena desanya berdekatan dan berada satu pulau,” papar Haris.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com