SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Tetap Cantik dengan Make-Up Tipis

  • Reporter:
  • Selasa, 9 Mei 2017 | 10:11
  • Dibaca : 360 kali
Tetap Cantik dengan Make-Up Tipis
Beauty class Emdee Clinic. Foto Agung Dedi Lazuardi.

Cantik tak harus dengan dandanan tebal. Pulasan make-up tipis justru membuat wajah terlihat lebih cantik alami. Seperti diungkapkan make-up artist Jojoy Tse di acara beauty class yang digelar Emdee Skin Clinic, Minggu (7/5).

Tren make-up saat ini mengarah pada kecantikan wanita Asia. Riasan wajah tidak tebal tetapi mempesona. “Sekarang sudah tidak ngetren lagi make-up dengan smokey eyes. Tetapi lebih ke simpel saja namun tetap elegan,” kata Jojoy, seorang make-up artist di acara demo make-up yang digelar Emdee Skin Clinic di i Hotel Baloi, Batam, Minggu (7/5).

Jojoy lalu memberikan trik-trik bagaimana memulas wajah dengan riasan tipis. Sebelum mengaplikasikan make-up, wajah sebeiknya dicuci lebih dulu. Ini penting untuk memastikan kulit wajah benar-benar bersih. “Wajah yang bersih memungkinkan make up bisa menempel dengan baik,” katanya.

Langkah kedua mengaplikasikan foundation tipis-tipis ke seluruh wajah seperti dahi, pelipis, hidung, bawah mata, pipi, dagu, dan leher. Menggunakan make-up dasar di bagian leher dinilai perlu agar tidak terkesan belang, wajah lebih putih dari area leher. “Usahakan gunakan foundation hingga bagian dada. Karena jika pakai baju sedikit terbuka, antara wajah dan leher hingga dada warnanya sama,” kata Jojoy.

Jojoy menggunakan beauty blender ketimbang kuas saat mengaplikasikan make-up. Spons ini untuk membaurkan foundation pada kulit wajah. “Bisa juga menggunakan kuas dan tangan. Saya lebih suka pakai beauty blender, maka akan merata,” katanya.

Selanjutnya, concealer diterapkan untuk menutupi kekurangan di wajah seperti jerawat, bekas jerawat, mata panda, dan sebagainya. “Concelear untuk menutupi bopeng dan bekas jerawat. Biasanya berwarna hijau. Untuk menutup pori-pori dan menyamarkan flek bisa pakai merah dan putih,” katanya.

Concelear juga dapat digunakan di hidung untuk mempertegas bentuk hidung agar lebih mancung. “Concelear bisa menjadi korektor untuk hidung dan dilakukan pada bagian dalam,” jelasnya. Jojoy kemudian memoleskan bedak tabur dengan kuas di area tertentu seperti bawah mata, hidung, dagu, dan dahi.

Setelah bedak tabur, Jojoy mengaplikasikan shading pada pipi, dagu, dan hidung. Tujuannya untuk mengkoreksi pipi chubby atau dagu kurang lancip. “Shading memberi kesan dagu tirus dan hidung mancung. Tidak perlu tebal tapi harus berwarna. Cukup gunakan kuas, poles perlahan dengan arah menarik mengikuti tulang pipi,” katanya.

Sentuhan yang membuat riasan Asian Look ada pada bagian mata. Eyeshadow yang tak terlalu mencolok jadi pilihan Jojoy. Warna-warna yang banyak dipakai orang Indonesia terutama di kalangan figur publik lebih natural seperti nude dan peach. Eye shadow warna gelap di bagian bawah dan sedikit terang di bagian atas. “Kolaborasi warna jadi tidak terlalu berat di mata. Usahakan saat menggunakan eyeshadow jangan melebihi ujung alis,” katanya.

Agar mata terlihat lebih besar, Jojoy menyarankan untuk menggunakan eyeliner cair. “Gunakan tipis-tipis saja. Kalau merasa kurang baru ditambahkan. Jangan langsung tebal,” ujarnya. Ia juga menyarankan untuk mengikuti panjang eyeshadow dengan arah menarik ke atas. “Usahakan semua sejajar antara eyeshadow dan eyeliner. Untuk mengukur bisa dari cuping hidung,” katanya.

Terakhir adalah membuat alis (eyebrow). Jojoy menekankan untuk memperhatikan bentuk wajah dan alis. Warna yang dipilih Jojoy adalah cokelat gelap yang sesuai warna kulit orang Asia. “Cara penggunaanya jangan ditekan. Cukup digaris perlahan, terusi ke bagian depan. Diarsir,” katanya. Untuk menutupi rambut halus ia memakai concealer.

Sentuhan terakhir pada bagian bibir, Jojoy menggunakan lipstik warna natural sedikit pink-jingga. Warna tersebut memberi kesan alami dan segar pada penggunanya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com