SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

THR Guru PNS Cair Hari Ini

  • Reporter:
  • Senin, 27 Mei 2019 | 11:44
  • Dibaca : 107 kali
THR Guru PNS Cair Hari Ini
ilustrasi

PINANG – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kepri Muhammad Dali memastikan seluruh guru berstatus PNS di lingkungan Pemprov Kepri sudah dapat menerima dan menikmati Tunjangan Hari Raya (THR) Idul Fitri 1440 Hijriah, karena THR akan ditransfer hari ini (27/5).

“Saat ini kita tengah memproses administrasi terkait THR bagi guru ASN. Mudah-mudahan hari Senin sudah masuk rekening masing-masing. Sedangkan untuk gaji 13 akan cair pada Juni nanti,” kata Dali di Dompak, Tanjungpinang.

Adapun besaran THR dan gaji 13 yang akan dibayarkan pemerintah berupa gaji pokok, ditambah tunjangan keluarga dan tunjangan umum yang melekat pada amprah gaji bulan April 2019. Di Kepri sendiri jumlah guru ASN SMA/SMK ada sebanyak 2.500 orang, jumlah guru tersebut merupakan keseluruhan guru yang diserahterimakan atas adanya kebijakan pengambil alihan dari daerah kabupaten/kota ke provinsi. “Total seluruh alokasi untuk THR dan gaji 13 itu sekitar Rp9,4 miliar,” ujarnya.

Sementara itu, untuk Pegawai Tenaga Kependidikan (PTK) Non ASN sampai dengan saat ini pihaknya bersama Komisi IV DPRD Provinsi Kepri masih memperjuangkan hal itu. Karena kata dia, tidak ada aturan yang memperbolehkan pihaknya untuk mengalokasikan anggaran THR bagi PTK Non ASN tersebut. Dan memang selama ini tidak ada dianggarkan sesuai aturan baik dari pusat dan daerah. “Kita tidak mau gegabah dan ceroboh dalam hal ini sebab bisa saja ini akan bersinggungan dengan hukum bila melanggarnya. Namun kita akan perjuangkan, seandainya bisa dibayar tentu tidak bisa dibayar sesuai tepat waktu,” tuturnya.

Terpisah, Ketua Komisi IV DPRD Kepri Teddy Jun Askara mengatakan, Disdik Kepri saat ini sudah melakukan pendataan dan memproses terhadap semua guru ASN yang akan menerima THR tahun ini. “Saya berharap jangan sampai penyerahan THR kepada guru-guru ASN terlambat, seperti tahun-tahun sebelumnya yang jadi masalah. Kita harus belajar dari pengalaman dari masalah sebelumnya, sebab THR itu merupakan haknya guru,” ujarnya.

Ia juga meminta agar proses penyerahan THR tersebut dilakukan serentak, sehingga tidak ada guru yang merasa kecewa karena belum diberikan haknya, dikarenakan salah proses pendataan dan lainnya. “Kami juga masih memikirkan terkait THR bagi para guru PTK atau non ASN ini. Namun masalah ini masih dilakukan pembahasan, sebab bagi guru non ASN memang tidak dianggarkan oleh pemerintah sebab tidak ada kewajiban untuk memberi THR,” jelasnya.

sutana

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com