SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Tiga Sektor Pajak Dapat Toleransi

  • Reporter:
  • Kamis, 23 April 2020 | 07:20
  • Dibaca : 176 kali
Tiga Sektor Pajak Dapat Toleransi
ilustrasi

KARIMUN – Pemerintahan Kabupaten Karimun mengeluarkan Surat Keputusan Bupati tentang Penundaan Pembayaran dan Penghapusan Denda Pajak Hotel, Restoran dan Hiburan. Hal ini terhitung masa pajak Maret-Mei.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Karimun Kamarulazi mengatakan, dalam Surat Keputusan Bupati Karimun memutuskan empat hal, yang pertama adalah penundaan pembayaran dan penghapusan denda pajak hotel, pajak restoran dan pajak hiburan akibat Covid-19 masa pajak Maret-Mei 2020.

Kedua, penundaan pembayaran pajak daerah sebagai mana dimaksud pada diktum pertama adalah wajib pajak mengajukan permohonan secara tertulis kepada Kepala Badan Pendapatan Daerah dan melampirkan fotocopy surat ketetapan pajak daerah kurang bayar, surat ketetapan pajak daerah kurang bayar tambahan, dan surat pajak tagihan daerah. Dan pembayaran masa pajak Maret-Mei 2020 wajib disetorkan ke kas daerah oleh wajib pajak paling lambat bulan September 2020.

Dikatakan, adapun pertimbangan diusulkannya kebijakan tersebut adalah bahwa penyebaran virus korona di dunia cenderung meningkat dari waktu ke waktu, yang menimbukan korban jiwa dan kerugian material yang lebih besar, dan telah berimplikasi pada aspek sosial, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat.

“Bahwa dampak terhadap pembatasan kegiatan operasional usaha di Kabupaten Karimun adalah pendapatan pajak restoran, pajak hotel dan pajak hiburan menjadi menurun,” katanya, Rabu (22/4).

Ditambahkan bahwa atas pertimbangan tersebut sangatklah perlu adanya Keputusan Bupati tentan penundaan pembayaran dan penghapusan denda pajak hotel, pajak restoran dan pajak hiburan akibat Covid-19 masa pajak Maret-Mei 2020.

“Ini juga mengaju pada UU 4/1984 tentang Penyakit Menular, Keputusan Presiden RI 7/2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19. Jadi kita harapkan masalah Covid-19 ini cepat berlalu sehingga segala kegiatan kita dapat kembali berjalan dengan baik,” harapnya.

ernis hutabarat

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com