SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Tim Mabes TNI Survei Pantai Todak di Lingga Jelang Latihan Tempur

  • Reporter:
  • Jumat, 26 Juni 2020 | 15:07
  • Dibaca : 95 kali
Tim Mabes TNI Survei Pantai Todak di Lingga Jelang Latihan Tempur

LINGGA – Pangkalan TNI AL (Lanal) Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, menerima tim dari Markas Besar (Mabes) TNI, Kamis (25/6/2020). Rombongan yang terdiri dari 9 orang Perwira TNI AL ini tiba di Dabo Singkep menggunakan Pesawat Udara NC 212-200/U-6211 BKO Guskamla-I, dari Jakarta.

Komandan Lanal (Danlanal) Dabo, Letkol Laut (P) Zul Fahmi menyambut langsung kedatangan rombongan tersebut. dia menambahkan rombongan yang datang bertujuan melakukan survei terhadap daerah latihan tempur TNI AL di Pantai Todak, Desa Batu Berdaun, Kecamatan Singkep.

“Kedatangan tim ini untuk melakukan survei terhadap daerah latihan Pantai Todak, dalam rangka latihan geladi tugas tempur kapal tingkat 3 (L3),” kata dia, Kamis (25/6/2020) kemarin.

Lanjut Zul Fahmi, tim survei yang dipimpin Kolonel Laut (P) Riduan ini bertujuan untuk mendapatkan sejumlah data sesuai bidang dan keahlian masing-masing perwira yang akan dijadikan referensi dalam penyelenggaraan latihan.

Survei yang akan dilakukan diantaranya, menentukan beach center untuk lorong pendaratan, analisa profile pantai yang terdiri dari skala perbandingan gradien pantai, pembuatan peta cartographi untuk mendukung pembuatan skema Daerah Serbuan Amfibi (DSA), dan ruang manuver pasukan pendarat untuk merebut sasaran pasukan darat serta ruang manuver Kendaraan Pendaratan Tank Amfibi.

“Selain itu, data yang diperoleh juga berkaitan daya dukung wilayah yang dapat diberdayakan untuk mendukung operasi militer. Seperti fasilitas bandara, pelabuhan, rumah sakit serta instansi pemerintah lainnya baik sipil, TNI dan Polri,” sebut Danlanal.

Kegiatan Survei daerah latihan tersebut merupakan tahap pendahuluan untuk mendukung rencana penyelenggaraan latihan pendaratan amfibi yang akan melibatkan sejumlah KRI jajaran Komando Armada I dan kekuatan marinir yang direncanakan dan dipimpin oleh Panglima Koarmada I dalam waktu dekat.

“Dalam rencana pelaksanaan kegiatan latihan nantinya, juga akan diadakan kegiatan bakti sosial seperti pengobatan gratis, penyuluhan kesehatan, bantuan alat tangkap ikan kepada nelayan, serta beberapa kegiatan lainnya yang kegiatannya dipusatkan di lapangan sepakbola Dusun Kebun Nyiur Desa Batu Berdaun,” ujarnya. ( jamariken tambunan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com