SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Tim Saber Pungli Sambangi Kantor Dinas

  • Reporter:
  • Jumat, 25 Oktober 2019 | 10:59
  • Dibaca : 115 kali
Tim Saber Pungli Sambangi Kantor Dinas
Tim Saber Pungli Kepri memantau pelayanan publik di Kantor Disdukcapil Kota Batam di Sekupang, kemarin.

SEKUPANG – Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kepri menyambangi empat kantor dinas di kawasan Sekupang, Kamis (24/10). Kegiatan ini untuk sosialisasi dan monitoring guna mencegah praktik pungli di tempat-tempat pelayanan publik.

Adapun kantor yang disambangi Tim Pokja Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Saber Pungli Kepri, antara lain Kantor Disdukcapil Kota Batam, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Batam dan Kantor Camat Sekupang.

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol S Erlangga mengatakan, Tim Pokja UPP ini terdiri dari Ditbinmas dan Ditpropam Polda Kepri, Inspektorat dan Ombudsman dengan menyambangi beberapa kantor dinas di lingkungan Pemko Batam. “Kegiatan ini selama empat hari, mulai Selasa (22/10) hingga Jumat (25/10),” ujarnya.

Irwasda Polda Kepri Kombes Pol Purwolelono mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan adalah berupa sosialisasi dan monitoring di tempat-tempat pelayanan publik. “Jadi kami berikan sosialisasi pada tempat pelayanan publik, memberikan asistensi juga,” katanya.

Kegiatan sosialisasi pada Kamis (24/10) berlangsung di Kantor Disdukcapil Kota Batam, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Batam dan Kantor Camat Sekupang.

“Ini adalah instansi yang banyak memberikan pelayanan publik, jadi mencegah jangan sampai ada pungli,” ujarnya.

Dirbinmas Polda Kepri Kombes Pol Bambang Sigit Priyono mengatakan hal serupa. Kegiatan ini adalah sosialisasi dan monitoring dari Unit Pencegahan Pungli Saber Pungli Kepri. “Sosialisasi dan monitoring saja, bukan ada oknum yang ditangkap,” kata Bambang.

Menurut dia, hal ini perlu dilakukan di unit unit pelayanan pada dinas yang banyak memberikan pelayanan pada masyarakat. Sebelumnya juga dilakukan di Samsat dan beberapa tempat lainnya. “Tujuannya untuk mencegah supaya pelayanan lebih baik, dan petugas bisa meningkatkan pelayanan lebih baik lagi pada masyarakat,” katanya.

Anggota Komisi I DPRD Kota Batam Utusan Sarumaha mendukung langkah tim saber pungli Polda Kepri yang melakukan sosialisasi pencegahan terjadinya praktik pungli di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Batam, BPN Batam, Camat Sekupang dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

“Pertama kami sangat apresiasi dari tim saber pungli Polda Kepri. Ini tentunya baik untuk mencegah terjadi pungutan liar,” kata Utusan.

Ia mengatakan, kantor pemerintahan yang didatangi oleh tim saber pungli memiliki pelayanan langsung kepada masyarakat. Maka, perlu pencegahan untuk meminimalisir tindakan pungli.

“Jadi kepada OPD untuk jangan coba-coba melakukan pungli terkait dengan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Komisi I, katanya, terus mengingatkan dan mendorong agar setiap OPD menghindari terjadi pungli. Hal ini perlu kerja sama semua pihak seperti masyarakat dan lainnya.

Ia juga mengaku sering menerima informasi dari masyarakat terkait Pungli yang terjadi di kantor pemerintahan. “Sekali lagi kami minta agar semua bisa menahan diri dan polisi untuk terus tingkatkan pengawasan,” katanya. dicky sigit rakasiwi/ iwan sahputra

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com