SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Timnas Voli Berpeluang Bertemu Musuh Bebuyutan di Surabaya

  • Reporter:
  • Senin, 5 Juni 2017 | 14:52
  • Dibaca : 452 kali
Timnas Voli Berpeluang Bertemu Musuh Bebuyutan di Surabaya
ilustrasi

BATAM – Pevoli asal Kepri, Hernanda Zulfi, tak lama lagi mengukir caps pertama bersama Timnas yang disiapkan tampil di SEA Games 2017 Malaysia. Sebelum turun panggung utama, timnas bakal menjajal Asian Mens Volleyball Championship ke-19 di Surabaya.

Kejuaraan internasional ini berlangsung 24 Juli sampai 1 Agustus 2017 nanti. Indonesia tergabung di Pool A bersama Qatar, Arab Saudi dan Kazakhstan. Kejuaraan itu partisipasi Indonesia kesembilan kalinya dalam 19 perhelatan sebelumnya sejak pertama digelar pada1975 di Melbourne, Australia. Prestasi terbaik Indonesia posisi keenam yang dicapai pada 1975 di Australia (Melbourne), 1991 juga di Australia (Perth), 1999 di Teheran, Iran, dan 2009 di Manila, Filipina.

Ajang ini tampaknya membuat Hernanda Zulfi, spiker BATAM SINDO BVN dan akademi Indomaret memperoleh caps pertama bagi Timnas. Hernanda dipilih pelatih Timnas Putut Marhaento (Yuso) dan Samsul Jais (Bina Cijaura). Dia bertahan di pelatnas di Sentul sejak 14 Mei 2017.

Nanda mendapat tempat bersama 13 pemain lain. Empat pemain dicoret yakni quicker Yayan Riyanto (Pasundan), spiker Galih Bayu Saputra (Samator), I Kadek Juliadi (SBV) dan Dimas Saputra (BNI Taplus).

“Saya senang bisa bertahan. Artinya saya membawa nama Kepri di timnas,” ujar Hernanda saat dihubungi, kemarin.

Sementara ajang di Surabaya dipandang sebagai laga ujicoba sebelum tampil habis-habisan di SEA Games, Agustus nanti. Asian Mens Volleyball adalah cobaan pertama yang harus dihadapi timnas Indonesia yang baru dibentuk. “Kami perlu melakukan laga uji coba ini, untuk mengukur kemampuan setelah menjalani pelatnas,” sambung Nanda.

Hanya saja, Timnas tampaknya tidak mengincar target besar di Asian Mens Volleyball 2017 karena hanya membidik lima besar. Pelatih Timnas Putut Marhaento menginstruksikan pemainnya kompak dan melepas permainan individu. Instruksi lain, lanjut Nanda, meningkatkan kualitas servis dan pertahanan. Tapi beban paling besar ada di SEA Games, timnas ditargetkan meraih emas.

Kejuaraan Bola Voli Senior Putra Asia 2017 juga akan diikuti dua rival terberat Indonesia pada SEA Game 2017 yakni Vietnam dan Thailand. Vietnam berada dalam grup C bersama Jepang, Korea Selatan, dan Sri Lanka, sedangkan Thailand bergabung dengan Australia, China, dan Hong Kong di grup D.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com