SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Timpora Razia Orang Asing di Perairan Batam

  • Reporter:
  • Kamis, 5 September 2019 | 10:44
  • Dibaca : 343 kali
Timpora Razia Orang Asing di Perairan Batam

BATAM  Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) dibawah komando Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam melaksanakan kegiatan operasi gabungan untuk memantau kegiatan orang asing terutama melalui jalur perairan Batam, Kamis (5/9). Sebanyak 50 personel dari sejumlah instansi yang diangkut 6 kapal ikut dalam kegiatan yang dilepas Dirjen Imigrasi Kemenkumham Ronny Franky Sompie. Operasi gabungan melibatkan sejumlah pihak terkait, mulai dari Imigrasi, Guskamla, Kepolisian, kejaksaan, Bea Cukai, Karantina, KSOP dan lainnya.

“Kegiatan operasi gabungan ditujukan untuk mengantisipasi kasus transnasional di perairan perbatasan seperti di Belakangpadang dan sekitarnya,” ujar Ronny kepada awak media.

Dia menjelaskan, pengawasan keimigrasian mencakup penegakan hukum keimigrasian baik yang bersifat administratif maupun tindak pidana keimigrasian untuk mengatur keluar dan masuknya seseorang ke wilayah Indonesia. Kegiatan operasi gabungan tersebut sesuai dengan  UU No 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian serta perintah amanah dari Perpres 125 tahun 2016 tentang penanggulangan pengungsi dari luar negeri dan TKI Non Prosedural yang keluar-masuk Indonesia melalui wilayah perairan Batam. 

Menurut dia, operasi gabungan merupakan hal rutin dilaksanakan sebagai kesiagaan pengawasan masuknya orang asing.

“Kegiatan kita usahakan digelar tiap tahun,” kata Ronny didampingi Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kepulauan Riau Zaeroji dan Kepala Kantor Imigrasi Klas I Khusus TPI Batam Lucky Agung Binarto.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com