SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Tindak Tegas Penambang Pasir Ilegal

  • Reporter:
  • Senin, 26 Maret 2018 | 14:22
  • Dibaca : 276 kali
Tindak Tegas Penambang Pasir Ilegal
Petugas Ditpam BP Batam menertibkan tambang pasir ilegal di hutan Tembesi, Sagulung, Rabu (14/3/2018). f ahmad rohmadi.

NONGSA – Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Provinsi Kepri, Amjon menegaskan seluruh tambang pasir di Batam tidak berizin. Sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang ada tidak ada satu titik pun yang diperuntukan untuk tambang pasir, baik laut ataupun darat. Hingga saat ini pemerintah tidak pernah mengeluarkan izin untuk tambang pasir di Batam.

Menurut dia, penegak hukum bisa menindak para pelaku tambang pasir yang merusak lingkungan di wilayah Batam. Pihaknya tidak pernah membenarkan siapapun melakukan aktivitas tambang pasir di Batam yang meresahkan masyarakat dan tersebar di sejumlah titik.

“Penambangan pasir ilegal harus ditindak supaya menimbulkan efek jera. Karena Distamben tidak pernah mengeluarkan izin satu pun untuk penambangan pasir,” ujarnya, Minggu (25/3/2018).

Amjon menambahkan, Pemko Batam ataupun Badan Pengusahaan (BP) Batam tidak perlu ragu untuk mengambil tindakkan terhadap pelaku pencurian pasir ini. Termasuk tindakkan kriminal yang bisa ditindak oleh kepolisian, pasalnya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) memiliki Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS).

Begitu juga dengan BP Batam yang memiliki Direktorat Pengamanan (Ditpam), yang juga mempunyai tugas dan wewenang untuk menertibkan tindakan ilegal yang merusak lingkungan. Sehingga kegiatan masyarakat yang dilalukan tanpa izin bisa segera ditertibkan.

“Tugas kami mengawasi tambang-tambang legal, kalau ada pelanggaran IUP atau AMDAL baru kami perkarakan. Kalau yang di Batam ini jangan lagi diberi angin,” kata Amjon.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com