SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Tingkat Kejahatan Anak Meningkat, Orang Tua Diminta Perhatikan Anak

  • Reporter:
  • Kamis, 7 Februari 2019 | 09:40
  • Dibaca : 187 kali
Tingkat Kejahatan Anak Meningkat, Orang Tua Diminta Perhatikan Anak
AKP Indra Jaya Kapolsek Tanjungpinang Timur

PINANG – Dalam kurun waktu tiga bulan terakhir, sebanyak lima pelaku anak di bawah umur ditangkap Polsek Tanjungpinang Timur. Mereka ditangkap karena terlibat kasus pencurian mulai dari sepeda motor, barang-barang elektronik, dan pencurian lainnya.

Kapolsek Tanjungpinang Timur AKP Indra Jaya mengaku prihatin atas banyaknya anak terlibat masalah kejahatan di wilayah hukum kerjanya. Banyaknya anak di bawah umur terlibat kasus pencurian karena orangtua kurang peduli terhadap anaknya. “Ada lima anak di bawah umur bermasalah hukum yang kita tangani karena kasus pencurian. Kita sangat prihatin sekali dengan kondisi itu,” kata Indra di Mapolres Tanjungpinang, Rabu (6/2).

Menurut dia, salah satu faktor penyebab anak terlibat perbuatan pidana karena persoalan ekonomi keluarga dan kecanduan bermain game online di warnet. Saat tidak lagi memiliki uang untuk bermain game, mereka nekat melakukan pencurian. “Masalahnya karena ekonomi dan tidak punya uang mau main warnet sehingga nekat melakukan tindakan kejahatan,” katanya.

Selain itu, kata dia, faktor lainnya adalah kurangnya perhatian dari orangtua. Seharusnya, orangtua memberikan perhatian lebih kepada anak dan tidak mengabaikan kehadiran anak di rumah. “Faktor lainnya itu kurang perhatian dari orangtuanya. Jadi, anak-anak itu tidak takut lagi dengan hukum,” ujarnya.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pihaknya gencar melakukan penyuluhan dan sosialisasi ke sekolah-sekolah dan turun ke masyarakat agar mencegah adanya anak-anak bermasalah hukum. Polisi juga terus meningkatkan patroli dan giat operasi cipta kondisi. “Kita imbau kepada sekolah-sekolah dan masyarakat untuk mencegah. Masalah anak ini juga kita bekoordinasi dengan Dinsos,” katanya.

Ia juga mengimbau kepada warga supaya tidak memarkirkan kendaraannya sembarangan. Terpenting, kendaraannya harus dikunci stang saat diparkirkan. “Tidak memarkirkan kendaraannya di luar rumah, stangnya harus dikunci, kalau perlu kunci ganda. Jangan mengundang atau memancing orang untuk berbuat kejahatan,” ujarnya. muhammad bunga ashab

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com