SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Tingkatkan Disiplin Pegawai, Bintan Terapkan Absensi Finger Print

  • Reporter:
  • Selasa, 6 Februari 2018 | 11:03
  • Dibaca : 102 kali
Tingkatkan Disiplin Pegawai, Bintan Terapkan Absensi Finger Print
Ilustrasi /Dok SINDO BATAM.

BINTAN BUYU – Pemkab Bintan menerapkan sistem finger print secara bertahap untuk absensi pegawai di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Penerapan ini untuk meningkatkan disiplin dan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Absensi sistem sidik jari merupakan salah satu upaya meningkatkan kedisiplinan pegawai,” kata Bupati Bintan Apri Sujadi di Bandar Seri Bentan, Senin (5/2/2018).

Dia mengatakan, penerapan absensi finger print melalui Surat Edaran Bupati Bintan Nomor 800/KD/300 tentang Penegakan Disiplin dan Kewajiban Mematuhi Jam Kerja ASN. Surat edaran tersebut mengatur tentang penerapan absensi menggunakan sistem sidik jari (finger print) bagi ASN saat masuk kerja dan pulang kerja. “Pelaksanaan absensi menggunakan sidik jari ini secara bertahap,” ujar Apri.

Menurut dia, pelaksanaannya dimulai dari ASN di lingkungan Sekretariat Daerah Bintan, kemudian dilanjutkan ke seluruh OPD di lingkungan Pemkab Bintan. Surat edaran tersebut juga mengatur jam kerja, yakni 37,5 jam atau 37 jam 30 menit selama lima hari kerja. Bagi pegawai tidak melaksanakan jam kerja, wajib melampirkan bukti tertulis berupa Surat Perintah Tugas, Surat Cuti, Surat Sakit dan atau Surat Persetujuan dari Kepala Bagian/Pimpinan. “Ada mekanisme yang mengatur terkait sanksi ASN yang tidak menjalankan sistem finger print,” kata Apri.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com