SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Tinta Habis, Cetak 267 e-KTP Tertunda

  • Reporter:
  • Selasa, 13 Februari 2018 | 11:45
  • Dibaca : 142 kali
Tinta Habis, Cetak 267 e-KTP Tertunda
Ilustrasi Foto RICKY ROBIANSYAH

BINTAN BUYU- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bintan belum dapat melanjutkan pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) pemohon, karena printer ribbon untuk mencetak e-KTP kehabisan tinda. Kondisi ini berlangsung sejak Januari lalu, menyebabkan sekitar 267 pemohon e-KTP harus menunggu hingga pengadaan tinta.

“Tinta printer untuk cetak e-KTP sudah kosong sejak Januari. Mudah mudahan Februari ini dikirim dan pertengahan Maret sudah bisa cetak kembali e-KTP,” kata Kasi Pendataan Disdukcapil Kabupaten Bintan Budiana, Senin (12/2/2018).

Dia mengatakan, untuk pengadaan tinta pruinter ribbon, pihak Disdukcapil Bintan telah menganggarkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) sekitar Rp50 juta. Sebanyak 267 pemohon masuk daftar antre pengajuan pergantian e-KTP. Bahkan, jumlah pemohon pergantian e-KTP sejak Desember 2017 hingga saat ini diperkirakan mencapai 1.000 penduduk. “Karena, dalam sebulan masyarakat mengurus berbagai administrasi di kantor Disdukcapil mencapai 100 orang,” ujar Budiana.

Menurut dia, meski 267 pemohon belum cetak e-KTP, pihaknya memberikan surat keterangan penganti ep-KTP sesuai Permendagri Nomor 471.14/10231/Disdukcapil tertanggal 29 September 2017. Hal ini untuk memudahkan pemohon KTP elektronik di dalam pengurusan administrasi lainnya seperti perbankan atau pembayaran pajak dan lainnya. “Surat keterangan penganti KTP ini berlaku selama 6 bulan,” kata Budiana.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com