SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

TNI AL Amankan Kapal Berisi BBM Ilegal

  • Reporter:
  • Kamis, 13 September 2018 | 10:08
  • Dibaca : 76 kali
TNI AL Amankan Kapal Berisi BBM Ilegal
Kapal mesin tanpa nama (sebelah) kanan ditangkap TNI AL karena mengangkut BBM ilegal dan berlayar tanpa dokumen resmi. F istimewa

KARIMUN – KRI Silea 858 dibawah Koarmada I pimpinan Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono berhasil mengamankan kapal bermuatan 20 ton Bahan Bakar Minyak (BBM) ilegal di Perairan Utara Takong Hiu, Karimun, Minggu (9/9/2018).

BBM Ilegal tersebut diamankan dari kapal kargo tanpa nama yang sedang manuver di perairan Karimun. Petugas yang melihat hal itu langsung melakukan pengejaran dan penyelidikan.

Hasilnya, didapatkan kapal bermuatan 20 ton minyak itu memiliki tujuan Perairan Takong Hiu Karimun. Dalam kapal itu terdapat tiga awak kapal warga negara Indonesia dan nakhoda berinisial Sy.

Hasil pemeriksaan KRI Silea- 858 terdapat dugaan pelanggaran kapal berlayar tanpa dilengkapi dokumen kapal, dokumen personil, dan dokumen muatan, serta kapal membawa muatan BBM ilegal.

Untuk penyelidikan dan proses hukum lebih lanjut, KRI Silea-858 mengawal dan membawa kapal tangkapan di dermaga Lanal Tanjungbalai Karimun (TBK).

Danlanal Karimun Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro membenarkan terkait penangkapan itu. Ia mengatakan, sesuai Undang-undang pelayaran Nomor 17 tahun 2008 tentang pelayaran, kapal mesin tanpa nama tersebut berlayar tanpa dilengkapi Surat Persetujuan Berlayar (SPB) yang dikeluarkan oleh syahbandar setempat.

“Kapal tersebut melanggar pasal 323 UU No 17 tahun 2008 tentang pelayaran, dengan sanksi hukuman pidana maksimal 5 tahun penjara,” kata Catur saat dikonfirmasi, Rabu (12/9) siang.

Untuk proses hukum lebih lanjut, Lanal TBK akan
berkoordinasi dengan pihak Kejaksaan dan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP)mengenai unsur pasal yang akan diterapkan dalam proses penyidikan.

ricky robiansyah

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com