SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Transporter Sabu 1 Ton Diberi Ongkos Rp400 Juta

  • Reporter:
  • Selasa, 18 Juli 2017 | 13:09
  • Dibaca : 430 kali
Transporter Sabu 1 Ton Diberi Ongkos Rp400 Juta
Salah satu tersangka digiring petugas naik ke kapal untuk pengecekan. Foto Teguh Prihatna.

:: Kapal Pengangkut Satu Ton Sabu Balik ke China Lewat Batam

BATAM – Kapal Wanderlust berbendera Sierraleone memilih Selat Sunda, laut bebas yang sepi penjagaan sebagai jalur untuk mengangkut satu ton sabu dari China ke Indonesia. Mereka mendapatkan upah Rp400 juta untuk membawa sabu senilai Rp1,5 triliun itu.

“Mereka memang sudah paham jalur mana yang sepi dari penjagaan. Mereka pilih laut bebas untuk mengantarkan barang haram tersebut ke Indonesia,” ungkap Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mochammad Iriawan didampingi Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto, Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian, Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama Ribut Eko Suyatno, dan perwakilan Bea Cukai Batam saat ekspos di pelabuhan milik Bea Cukai di Tanjunguncang, Sagulung, Batam, Senin (17/7) sekira pukul 17.00.

Iriawan menjelaskan, tim gabungan dari Polres Depok dan Polda Metro Jaya awalnya mengamankan empat warga Taiwan yang diduga pelaku penyelundupan satu ton sabu itu di eks Hotel Mandalika, Serang, Banten. Salah seorang di antaranya tewas ditembak, lantaran melawan dan berusaha melarikan diri saat ditangkap.

“Keterlibatan warga Indonesia masih kami kembangkan, termasuk kapal dan tempatnya. Memang ada kejanggalan saat penangkapan, karena sudah lima tahun hotel yang digunakan untuk menyimpan sabu seberat satu ton tersebut tidak beroperasi,” jelasnya.

Selengkapnya baca KORAN SINDO BATAM

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com