SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Tugu Hang Jebat Bakal Diganti Tanjak

Tugu Hang Jebat Bakal Diganti Tanjak

LINGGA – Tugu patung di simpang tiga Sungai Lumpur-Setajam, Singkep, bakal dibangun ulang menjadi tugu Tanjak pada tahun depan. Tugu sekarang berdiri patung tokoh sejarah Melayu, Hang Jebat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPR-PKP) Lingga, Said Nursyahdu mengatakan rencana perubahan tugu tersebut mengacu saran Bupati Alias Wello. Tugu Tanjak dibangun demi mempoplerkan kembali ciri dan simbol adat Melayu tersebut.

“Bupati memerintahkan untuk mendesain tugu Tanjak untuk menggantikan patung Hang Jebat di simpang jalan Kartini Sungai Lumpur-Setajam itu,” ujarnya pekan lalu.

Keinginan Bupati Lingga mengubah tugu patung yang telah sejak lama berdiri di lokasi tersebut menjadi Tanjak, tentunya memiliki alasan yang cukup kuat.

Menurut Said, salah satu alasannya adalah kekhawatiran Bupati tentang keberadaan tugu yang berbentuk patung manusia ini. Bupati berusaha menghindari adanya paham yang merusak nilai-nilai ketuhanan dari patung.

Untuk alasan yang satu ini, Said setuju dan akan segera mengusahakan Detail Engenering Desain (DED) dapat dikerjakan pada tahun ini juga. Dia menilai tugu Tanjak akan sangat tepat menggantikan keberadaan patung Hang Jebat yang selama ini telah mewakili lambang kemelayuan di Singkep.

Untuk diketahui, tanjak adalah kain yang dililitkan di kepala. Keberadaan Tanjak di daratan Melayu juga sebagai ciri khas sejak bumi terbentang. Tanjak dianggap lambang kewibawaan di kalangan masyarakat Melayu.

“Perubahan tugu ini tidak akan mempengaruhi maknanya. Lambang tanjak akan sama baiknya dalam melambangkan kekuatan kemelayuan itu,” tutur dia.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com