SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Tujuh Investor Akan Bersaing dengan ATB

Tujuh Investor Akan Bersaing dengan ATB
Ilustrasi Foto Agung Dedi Lazuardi.

BATAM – Badan Pengusahaan (BP) Batam akan melelang pengelolaan air di Batam, seiring berakhirnya konsesi PT Adhya Tirta Batam (ATB) pada 2020 mendatang.

Sejauh ini sudah ada tujuh investor dari dalam negeri, Jepang, dan Korea Selatan yang berminat untuk mengelola air Batam.

Menurut Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Lainnya BP Batam, Purba Robert Mangapul Sianipar, kompetisi akan dibuat seluas-luasnya untuk mendapatkan perusahaan terbaik yang akan mengelola air di Batam. Lelang rencananya akan dibuka pada akhir 2018 hingga 2019 dan bersifat terbuka.

“Siapa saja boleh ikut. Jika ATB masih ingin melanjutkan pengelolaan air di Batam, silakan ikut lelang. ATB sendiri sudah punya pengalaman yang dibutuhkan untuk mengelola air di Batam,” jelasnya, Kamis (20/7).

Robert menjelaskan, BP Batam akan membentuk tim evaluasi sebelum kontrak ATB berakhir. Tim yang terdiri dari BP Batam dan Kemenko Perekonomian ini akan mengevaluasi pelaksanaan kontrak ATB selama 25 tahun. BPKP juga akan turun mengaudit ATB dan sekarang sudah berjalan.

Dari perkiraan sementara, aset ATB telah mencapai Rp1 triliun, berupa jaringan pipa, water treatment plant (WTP), dan sejumlah sarana lainnya. Nantinya aset-aset tersebut akan diserahkan kepada BP Batam.

Selengkapnya baca KORAN SINDO BATAM

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com