SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Umat Hindu Batam Gelar Upacara Pujawali

  • Reporter:
  • Senin, 11 November 2019 | 13:30
  • Dibaca : 122 kali
Umat Hindu Batam Gelar Upacara Pujawali
Prosesi jelang Pujawali di Pura Agung Amerta Bhuana, Batam, kemarin. Upacara ini diikuti ratusan umat Hindu. /ahmad romadi

BATAM – Umat Hindu Kota Batam menggelar upacara Pujawali ke 10, di Pura Agung Amerta Bhuana Batam, kemarin. Ratusan umat Hindu memadati pura ini untuk mejalani upacara yang bertepatan dengan bulan purnama.

Pujawali adalah hari jadi pura yang diisi dengan aktivitas spiritual berupa upacara keagamaan guna menumbuhkan keimanan umat Hindu.

Penyelenggara Bimas Hindu Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Eko Prasetyo, mengatakan kegiatan Pujawali didahului dengan prosesi melasti di Danau Sei Ladi. Melasti merupakan
menyucikan sarana prasarana upacara keagamaan, pratima dan wastra yang digelar saat menjelang Pujawali dan menyambut Hari Raya Nyepi.

“Kegiatan ini juga menghilangkan kekotoran dunia. Menghilangkan penderitaan umat manusia,” kata Eko Prasetyo, Minggu (10/11).

Upacara ini juga mengambil sari-sari Tirta Amerta dari tengah lautan atau danau. Melasti juga bertujuan untuk memohon kesucian lahir dan batin serta memohon tirtha amertha yang bermanfaat dalam kehidupan umat Hindu.

Selain itu disamping membersihkan sarana dan prasarana upacara, pratima, wastra, melasti juga untuk menghilangkan segala kekotoran diri dan alam serta mengambil sari-sari kehidupan di tengah samudera. Samudera adalah lambang lautan kehidupan yang penuh gelombang suka-duka.

“Dalam gelombang samudera kehidupan itulah, kita mencari sari-sari kehidupan,” jelasnya.

Kegiatan ini sendiri diikuti umat Hindu Batam dan Karimun. Acara dimulai pada pukul 17.00 WIB dimana umat Hindu beriring-iringan menuju danau Sei Ladi, dengan mengenakan baju warna putih ratusan umat Hindu di Kota Batam yang ikut serta dalam ritual tersebut.

“Pujawali kali ini tergolong sangat spesial karena bertepatan dengan fenomena bulan purnama,” katanya.

Ahmad Rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com