SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

UMK Lingga Diperkirakan Naik 8,03 Persen

  • Reporter:
  • Kamis, 25 Oktober 2018 | 12:12
  • Dibaca : 235 kali
UMK Lingga Diperkirakan Naik 8,03 Persen
Kabid Tenaga Kerja Disnaker Lingga Wahyudi

LINGGA – Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, UKM dan Perindustrian Kabupaten Lingga melalui Bidang Tenaga Kerja telah menerima surat penetapan UMK 2019 dari Gubernur Kepri Nurdin Basirun.

“Surat yang kami terima menyatakan inflasi nasional sebesar 2,88 persen. Sedangkan pertumbuhan ekonomi 5,15 persen,” kata Kepala Bidang Tenaga Kerja Wahyudi Eka Putra di ruang kerjanya, Selasa (22/10).

Wahyudi mengatakan pihaknya akan menggelar rapat tripartit untuk menetapkan besaran UMK 2019. Anggaran untuk rapat tripartit telah diajukan Hasil rapat nantinya diserahkan kepada Bupati Lingga, lalu direkomendasikan kepada Gubernur Kepri untuk ditetapkan.

Dari hitungan berdasarkan besaran jumlah inflasi secara nasional dan jumlah pertumbuhan ekonomi, UMK Lingga 2019 diprediksi naik sekitar 8,03 persen. Jika dihitung dari besaran UMK 2018 Rp2.590.116, tahun depan naik sekitar Rp200 ribu. “Angka itu akan kami tetapkan secara musyawarah bersama tripartit dan melalui persetujuan Gubernur lebih dulu,” katanya.

Bidang Ketenagakerjaan Lingga mencatat, tahun ini 54 perusahaan dan badan usaha telah dimonitoring. Namun hanya 30 perusahaan dan badan usaha yang melaksanakan putusan UMK. Sementara 24 perusahaan lainnya tidak memberikan gaji sesuai UMK.

Pengawas Provinsi telah memeriksa sebagian dari perusahaan tersebut. Tahun depan, Bidang Ketenagakerjaan akan melakukan pembinaan ke sejumlah perusahaan yang belum memberlakukan UMK.

“Setelah pembinaan tidak juga mengindahkan ketetapan gaji sesuai UMK, kami serahkan kepada provinsi yang memiliki wewenang pengawasan,” katanya.

jamariken tambunan

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com