SINDOBatam

Terbaru Metro+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

UNIBA Miliki Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Satu-satunya Pendidikan Kedokteran di Kepri

  • Reporter:
  • Senin, 15 Oktober 2018 | 14:03
  • Dibaca : 117 kali
UNIBA Miliki Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Satu-satunya Pendidikan Kedokteran di Kepri

BATAMKOTA– Universitas Batam (UNIBA) memiliki lima program studi dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Adapun program studi tersebut yakni Pendidikan Kedokteran, Keperawatan, Kebidanan, Farmasi, dan Psikologi. 

Ketua Pengawas Yayasan Griya Husada Batam, Jemmy Rumengan mengatakan program studi Pendidikan Kedokteran merupakan program studi satu-satunya di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Diharapkan program studi ini menjadi barometer yang menghasilkan tenaga medis yang andal. 

“UNIBA sedang berbenah diri. Bagaimana ke depan menjadi universitas kebanggaan yang memiliki program studi terbesar di Kepri. Dan Pendidikan Kedokteran merupakan program studi satu-satunya di Kepri,” katanya, Sabtu (13/10). 

Menurutnya, dengan ada program studi Ilmu Kedokteran ini, diharapkan makin banyak dokter yang mengabdi hingga ke daerah terpencil. Pasalnya, saat ini Kepri masih kekurangan dokter-dokter yang berkiprah di daerah terpencil. Sehingga diharapkan makin banyak lulusan dokter yang mau mengabdi. Bahkan, semua program studi tersebut telah mengantongi akreditasi B. 

“Kita telah mensejajarkan diri dengan universitas lain,” ucapnya. 

Selain itu, ada juga fakultas unggulan, dari program pascasarjana ada magister manajemen, magister akuntansi, magister hukum, dan magister kenotariatan. 

“Khusus magister kenotariatan dan magister akuntansi satu-satunya di Kepri. Dan program pascasarjana ini sudah akreditasi B,” jelasnya. 

Ia berharap, ada kolaborasi yang nyata dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri dan Pemerintah Kota (Pemko) Batam. Karena melihat dari daerah lain, dukungan pemerintah sangat tinggi.

“Harapan kami ke depan ini harus terealisasi secara jelas mendukung tridarma perguruan tinggi,” pintanya. 

Pada Januari 2019 nanti, UNIBA akan meresmikan rumah sakit pendidikan pertama di Kepri dengan nama Rumah Sakit Pertamedika Bunda Halimah. Ini merupakan kolaborasi dengan Rumah Sakit Pusat Pertamina.

“Rumah sakit ini di bawah asuhan langsung Rumah Sakit Pusat Pertamina Jakarta. Kita mendapat kehormatan Rumah Sakit Pusat Pertamina berkenan membina Rumah Sakit Pertamedika Bunda Halimah,” ujarnya.

Selain itu, ada kerja sama langsung dengan Philips Netherlands untuk pengadaan semua peralatan medis. “Dengan adanya fakultas Kedokteran Ilmu Kesehatan akan memprioritaskan lulusan untuk langsung bekerja dan penempatan di Rumah Sakit Bunda Halimah,” ungkapnya. 

Ketua Prodi Keperawatan Universitas Batam Ana Faizah mengatakan, akreditasi B yang diraih Prodi Keperawatan menunjukkan komitmen Universitas Batam untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi yang unggul, berkualitas dan mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di berbagai bidang. Khususnya Pendidikan Keperawatan, terlebih dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0.

“Tentunya hal ini sebagai nikmat yang harus disyukuri dan sekaligus menjadi spirit untuk menjadi lebih baik” ujarnya. 

Ia menambahkan, Prodi Keperawatan Universitas Batam memiliki sejumlah keunggulan yang tidak dimiliki prodi lain. Kurikulumnya mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan menerapkan metode pembelajaran Student Centre Learning dan Blended Learning sejak tahun 2016 dan ke depan memungkinkan mahasiswa mendapat gelar sarjana keperawatan hanya dalam 7 semester.

Hal ini tentunya didukung dengan adanya fasilitas sarana dan prasarana yang ada di Universitas Batam, dalam hal ini termasuk Laboratorium Kesehatan Terpadu Universitas Batam yang telah memperoleh peringkat Nasional pada tahun 2014, serta dengan adanya Rumah Sakit Pertamedika yang dimiliki Universitas Batam, dan jejaring kerja sama antara Universitas Batam dengan pihak terkait baik dari dalam dan luar negeri. 

“Kami akan terus berusaha supaya kualitas dan kuantitas program studi keperawatan semakin meningkat dengan memanfaatkan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Selain itu kami berusaha meningkatkan pelayanan administrasi bagi mahasiswa, dosen, alumni, stakeholder maupun pihak-pihak terkait melalui unit yang ada, P3T dan Puskom Universitas Batam” pungkasnya. 

reni hikmalia

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com