SINDOBatam

Feature+

Hattrick+

Jungkir Balik+

UPDATE COVID-19: Pasien Baru Positif di Batam Sempat Hadiri Peresmian Kapal di Tanjungpriok

  • Reporter:
  • Senin, 23 Maret 2020 | 18:57
  • Dibaca : 311 kali
UPDATE COVID-19: Pasien Baru Positif di Batam Sempat Hadiri Peresmian Kapal di Tanjungpriok

BATAM – Seorang pasien baru yang positif Covid-19 di Batam sempat rapat dan jalan-jalan ke Jakarta selama empat hari. Pria 47 tahun ini disebut positif mengidap virus korona setelah mengikuti pertemuan di Ibu Kota itu.

“Acara peletakan lunas pembangunan kapal di Tanjungpriok, Jakarta Utara, dihadiri banyak orang,” ujar Ketua Gugus Tugas Covid-19 Batam Amsakar Achmad dalam konferensi pers di kantor wali kota, Batam Center, kemarin.

Pasien ini menjadi kasus kelima di Kepri atau yang ketiga di Batam. Sejak 18 Maret 2020, pasien ini sudah dirawat di ruang isolasi RSUD Embung Fatimah.

Amsakar mengungkapkan pasien tersebut melakukan perjalanan dari Jakarta sebelum dinyatakan positif korona.

Kronologisnya, Senin 9 Maret 2020, pasien melakukan perjalanan dari Batam ke Jakarta. Kemudian besoknya 10 Maret 2020 hadir pada acara peletakan lunas pembangunan kapal di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

“Setelah selesai acara tersebut yang bersangkutan mengunjungi perusahaan kapal yang tak jauh dari lokasi acara dilanjutkan di ruang meeting di ruang tertutup, sampai jam 16.30,” kata Amsakar.

Wakil Wali Kota Batam itu melanjutkan, setelah mengikuti rapat, pasien kembali ke kantornya di Menara Bidakara II Pancoran Jakarta dan keluar meninggalkan kantor pukul 20.00. Kemudian langsung menuju Hotel Bida Kara tempatnya menginap dan langsung tidur.

Rabu 11 Maret 2020, yang bersangkutan mengunjungi Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub untuk melakukan rapat mulai pukul 10.00 dan selesai pukul 12.00. Setelah itu menuju kliennya di kawasan Pluit dan melakukan rapat kembali pukul 13.30 hingga 15.00 dilanjutkan makan siang.

“Dan kembali kantornya pada pukul 17.00 sampai 20.00 dan sesudahnya kembali ke hotel,” sebut Amsakar.

Kemudian, Kamis 12 Maret kembali ke Batam jadwal penerbangan pukul 9.05 melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta dan tiba di Bandara Hang Nadim pukul 11.00. Sampai di rumah yang bersangkutan memperbaki plafon di lantai dasar rumahnya yang terkena bocoran saluran air di kamar mandi atas.

“Pada waktu itu menghirup udura yang pengap serta berbau karena tidak memakai masker,” jelasnya.

Selanjutnya, Jumat 13 Maret yang bersangkutan mengeluh tenggorokannya gatal dan badan terasa kurang fit saat terkena matahari setalah soal Jumat. Kemudian besoknya badan mulai demam meriang tetapi tidak terlalu berat dan malam harinya yang bersangkutan minum obat turun demam

“Kemudian tidur hingga pagi hari dan bangun badan ringan sehigga bisa melakukan kegiatan olahraga bersepeda,” jelasnya.

Namun, pada Senin 16 Maret kembali merasakan meriang kemudian memeriksakan diri ke rumah sakit yang tak jauh rumahnya. Selanjutnya 17 maret pukul 16.00 yang bersangkutan kembali berobat karena sakit tersebut.

“Kemudian ditempatkan di ruang isolasi UGD yang selanjutnya dengan tindakan diagnostic rontgen dan pemeriksaan laboratoium setelah itu dizinkan pulang ke rumah dengan diberikan obat tambahan,” katanya.

Pada Rabu 18 Maret kondisi yang bersangkutan belum juga membaik, dan akhirnya dibawa kembali ke rumah sakit sebelumnya. Kemudian di rawat di ruang isolasi dan dilakukan pengambian simple swab oleh Tim Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam.

“Hal ini mengingat gejalannya yang timbul mengarah pada Pneumonia. Sehingga dimasukan dalam kategori pasien dalam pemantauan (PDP) Covid-19,” katanya.

Selanjutnya hari Senin diterima hasil pemeriksaan sample swab dan terkonfimasi positif Covid-19. Saat ini pihaknya sedang melakukan proses kontak tracking terhadap semua orang yang ditenggarai telah berkontak dengan kasus 03 Batam tersebut, selama melakukan perjalanan dari Batam Jakarta hingga kembali ke Batam.

“Untuk jumlahnya kami belum bisa memastikan, kami juga langsung koordinasi dengan pusat,” katanya.

ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com