SINDOBatam

Terbaru Metro+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Urai Kemacetan Jalan di Tiban

  • Reporter:
  • Rabu, 24 April 2019 | 10:41
  • Dibaca : 150 kali
Urai Kemacetan Jalan di Tiban
Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam Yumasnur.

SEKUPANG – Pemko Batam akan segera melanjutkan sejumlah proyek pelebaran jalan tahun ini. Di antaranya pelebaran jalan Tiban Centre menuju Perumahan Cipta Land, Sekupang yang dimulai Mei mendatang. Pelebaran jalan diharapkan dapat mengurangi kemacetan yang terjadi selama ini.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Batam, Yusmanur mengatakan, proyek pelebaran jalan Tiban Centre menuju Perumahan Cipta Land, Sekupang prosesnya saat ini masih dalam tahap lelang. Pihaknya memperkirakan proses lelang ini akan selesai dalam waktu dekat. Sehingga awal atau pertengahan Mei, jika tidak ada kendala proyek akan mulai dikerjakan.

“Pelebaran jalan Tiban Centre Mei ini kami kerjakan. Kemarin sudah ditinjau Pak Wali. Lelang sudah mau selesai. Mudah-mudahan tidak ada kendala,” ujarnya, Selasa (23/4).

Menurut dia, untuk tahap awal pengerjaan, jalan tersebut akan dibuka terlebih dahulu. Sementara itu, bangunan yang ada di ROW jalan akan segera ditertibkan. Pihaknya mengaku sudah berkoordinas bersama dengan kecamatan dan Satpol PP untuk mensosialisasikan pelebaran jalan dengan masyarakat setempat.

Yumasnur menjelaskan, tahun ini Pemko Batam akan melebarkan jalan menjadi empat lajur terlebih dahulu. Sesuai rencana ke depan jalan yang merupakan cikal bakal menuju ring road atau jalan lingkar ini akan ditingkatkan menjadi enam lajur. Pihaknya berharap proses pelakasanaan proyek tersebut bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

“Pekerjaannya akan dilakukan secara bertahap. Dari empat lajur nanti ditingkatkan menjadi enam. Nanti kami sesuaikan ukuran jalan,” katanya.

Ia menambahkan, pembukaan jalan tahap pertama ini akan dilakukan hingga simpang SMPN 25 Batam. Nanti untuk arus kendaraan akan menyesuaikan dengan pengerjaan jalan. Pengaturan kendaraan akan dilakukan selama proses pembangunan berlangsung, agar pengerjaan ini tidak menimbulkan kemacetan bagi pengendara.

Kepala Bidang Penertiban Satpol PP Batam, Imam Tohari mengatakan, ada beberapa bangunan yang akan ditertibkan untuk proses pelebaran jalan dari Tiban Center menuju Perumahan Cipta Land. Pihaknya akan berkoordinasi dengan kecamatan, kelurahan, Disperkimtan dan DBMSDA.

“Kemarin sudah dicek ada bangunan, halaman ruko hingga angkringan yang terkena dampak pelebaran ini. Mereka (kecamatan) yang paham dan mengerti terkait lokasi. Kalau tugas kami ya menertibkan saja,” ujarnya. ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com